Apa itu Senyawa Organik?

Saturday, January 11th 2014. | biologi, kimia

Apa itu senyawa organik? Masih ingatkah sobat hitung ketika kita belajar tentang atom karbon kita tahu bahwa atom karbon menjadi penyusun utama dari tubuh makhluk hidup. Atom karbon juga identik dengan senyawa organik. Tapi tidak semua senyawa yang mengandungkarbon adalah senyawa organik misalnya seperti Karbon dioksida dan senyawa Sianida. Sekarang kita akan coba mengenal lebih jauh tentang senyawa organik. Sobat pasti tidak asing lagi dengan istilah senyawa organik dalam kehidupan sehari-hari. Di tempat sampahpun mungkin sobat menjumpai istilah samapah organik. Apa sebenarnya definisi dari istilah tersebut? Apa juga sifat dari senyawa organik? Yuk simak rangkuman berikut.

Senyawa organik adalah jenis senyawa karbon kompleks. Ia terdiri dari rantai karbon dengan  panjang, bentuk, dan gugus alkil yang berbeda-beda. Selain komposisi utama atom karbon, senyawa organik dominan disusun dari unsur hidrogen, oksigen, dan nitrogen.Karena ada kekhasan atom karbon menjadikan senyawa organik bisa sangat rumit dan kompleks.

molekul senyawa organik

Contoh Senyawa Organik

Tidak usah jauh-jauh untuk mencari contoh senyawa organik. Tubuh kitapun terdiri dari kumpulan jutaan senyawa organik. Makanan yang setiap hari sobat makan hampir pasti mengandung karbohidrat. Nah, karbohidrat ini juga termasuk senyawa organik. Karbohidrat atau sering sobat kenal dengan hidrat arang adalah golongan hidrokarbon gula. Manfaat senyawa organik ini sungguh luar biasa. Karbohidrat berperan sebagai suber energi utama agar tubuh kita dapat terus tumbuh, mempertahankan bentuk tubuh, pembekuan darah, dan peran penting lainnya.

Contoh lain dari senyawa organik adalah protein. Protein termasuk kelas senyawa organik tidak larut dalam air yang tersusun dari atom karbon, nitrogen, oksigen, dan hidrogen. Bentuk senyawanya sangat kompleks. Sobat bisa browsing bagaimana bentuk vitamin A. Pasti rumit sekali. Protein terdiri dari unit-unit kecil yang disebut dengan asam amino.

Sobat pasti kenal dengan namanya lemak. Lemak ternyata juga merupakan senyawa organik yang larut dalam air. Lemak atau lipid terdiri dari atom karbon, oksigen, hidrogen, dan beberapa gugus kimia lainnya. Ia berfungsi sebagai bantalan untuk melindungi organ-organ vital dalam tubuh kita seperti otak, jantung, paru-paru, hati, dan lain-lain.

lemak sebagai senyawa organik

Sifat-Sifat Senyawa Organik

Sifat fisik dan kimiawi dari senyawa organik berbeda-beda tiap jenisnya dan sangat ditentukan oleh bentuk molekul dan gugus penyusunnya. sifat dari alkana, alkuna, dan alkena pasti berbeda stu sama lain. Akan tetapi ada beberapa sifat umum yang melekat pada senayawa organik yaitu punya titik didih dan titik leleh rendah, Susah menghantarkan listrik, dan punya mau yang khas dan kuat.







Yuk Bagikan

3 Responses to “Apa itu Senyawa Organik?”

  1. […] karboksilat adalah senyawa organik yang identik dengan gugus karboksil. Gugus karboksil adalah gugus gabungan dari gugus karbonil dan […]

  2. […] Senyawa Alkana – Tahukah sobat senyawa karbon alkana yang punya rumus molekul CnH2n+2 ternyata punya sifat dan karakteristik yang cukup unik. Sifat yang […]

  3. […] pada Senyawa Hidrokarbon – Sebelum membaca artikel ini alangkah baiknya sobat baca dulu apa itu hidrokarbon? Reaksi yang terjadi pada hidrokarbon dibagi menjadi tiga yaitu reaksi substitusi,adisi,dan […]

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Apa itu Senyawa Organik?