Contoh dan Manfaat Bioteknologi

Tuesday, May 27th 2014. | biologi

Apa itu bioteknologi? Adakah salah satu dari sobat hitung yang bisa menjawab pertanyaan tersebut? Secara ringkas arti dari salah satu cabang ilmu biologi ini adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang pemanfaatan bioteknologi seluler dan proses biomolekuler untuk mengembangkan teknologi yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dan juga keberlangsungan lingkungan. Di jaman sekarang, bioteknologi modern telah melahirkan beragam teknologi yang sangat bermanfaat bagi manusi, mulai dari penyembuhan dari penyakit hingga menyediakan alternatif bahan pangan dan bahan bakar. Selengkapnya simak rangkuman berikut:

Kultur Jaringan

Kultur jaringan adalah teknik memperbanyak jaringan secara vegetatif dengan menggunakan jaringan yang bersifat totipotensi. Totipotensi yaitu kemampuan jaringan untuk berdiferensiasi menjadi jaringan lain, sehingga membantu individu baru.

contoh dan manfaat bioteknologi

Berikut ini tahap-tahap pada kultur jaringan :

  • Jaringan yang bersifat totipotent (disebut eksplan).
  • Eksplan ditempatkan dalam medium cair yang berisi nutrisi dan zat pengatur tumbuh, kemudian dikocok (shaker).
  • Pada eksplan tersebut akan tumbuh kalus (protocorm like body) .
  • Kalus-kalus tersebar pada medium padat yang berisi nutrisi dan zat pengatur tumbuh.
  • Pada kalus

Rekayasa Genetika

  1. Teknik PlasmidPlasmid adalah DNA ekstrakromosomal yang melingkar dimiiki oleh bakteri. Pada rekayasa genetika, plasmid digunakan sebagai vector/pembawa  gen. untuk gen pengekspresi suatu sifat yang diinginkan dan yang akan diperbanyak. Misalnya, penggabungan gen penghasil insulin dengan plasmid bakteri E.coli sehingga pada saat tersebut membawa gen penghasil insulin. Dengan demikian, insulin dapat dipanen dari bakteri tersebut.
  2. Teknik HibridomaTeknik Hibridoma adalah penggabungan dua sel yang berbeda sehingga menghasilkan satu sel tunggal yang memiliki kombinasi sifat keduanya.Misalnya, penggabungan antara sel kanker dengan sel limpa penghasil antibodi diperoleh sifat sel hibrid yang cepat membelah sehingga menghasilkan jumlah antibody yang banyak. Contoh : pembuatan antibody monoclonal yaitu antibody yang hanya mengenali satu antigen.
  3. KloningKloning adalah teknik penggabungan sel telur yang telah diambil nukleusnya, kemudian digabung dengan sel somatic sehingga menghasilkan zigot yang mampu berkembang menjadi individu baru. Misalnya, kloning pada domba Doli yaitu kelenjar mamae digabung dengan sel telur yang telah dihilangkan nukleusnya sehingga menghasilkan domba doli, tapi doli ini tidak dapat hidup hingga dewasa.

Bitoteknologi Bahan Pangan

Bioteknologi pangan dimanfaatkan untuk beberapa keperluan, seperti :

  • Pembuatan roti menggunakan khamir Saccharomyces cereviciae.
  • Pembuatan keju menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus lactis.
  • Pembuatan yogurt menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophiles.
  • Pembuatan Nata de Coco menggunakan bakteri Acetobacter xylinum
  • Pembuatan protein sel tunggal dapat diperoleh dari alga : Spirulina, Chlorela, diperoleh dari khamir Caandida utilis dan dapat diperoleh dari kapang Fusarium gramineaum.

 Bioteknologi Pertanian

Contohnya adalah tanaman transgenic, yaitu teknik penggabungan gen dari bakteri Bacillus turingiensis yang menghasilkan racun endotoksin (racun yang mampu menbunuh serangga) disisipkan pada tanaman sehingga tanaman tersebut mampu menghasilkan endotoksin.

Bioteknologi Pengolahan Limbah

Contohnya adalah pada bioremediasi limbah minyak yaitu teknik penguraian limbah minyak menjadi senyawa tidak beracun oleh bakteri atau jamur, seperti jamur Cladosporium resinae.

Bioteknologi Pertambangan

Contohnya adalah pemanfaatan bakteri Thiobacillus feroxidans yang mampu menguraikan campuran besi dari tembaga.

Bioteknologi Bahan Bakar Alternatif

  • GasoholGasohol adalah gas yang diperoleh dari hasil fermentasi sisa limbah gula dari tebu dengan menggunakan Sacchoromyces cereviciae sehingga dihasilkan alcohol pekat yang didestilisasi menjadi etanol murni.
  • BiogasBiogas adalah salah satu contoh manfaat bioteknologi berupa gas metana yang dihasilkan dari sisa-sisa kotoran mahluk hidup atau dedauan yang membusuk dengan menggunakn reactor biogas dan kultur bakteri campuran, Methanobacterium sp. sehingga akan dihasilkangas metana.

Itulah tadi sobat hitung beberapa contoh bioteknologi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Jika sobat punya informasi tentang contoh dan aplikasi bioteknologi yang lain silahkan di share dengan sobat yang lain.







Yuk Bagikan
tags:

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Contoh dan Manfaat Bioteknologi