Apa Definisi Alat Ukur?

Friday, August 15th 2014. | Lain-lain
penggaris - definisi alat ukur

penggaris – alat ukur panjang

Apa yang ada di pikiran sobat melihat gambar di disamping? Sekolah, gambar, garis, atau alat ukur? Gambar di atas adalah penggaris yang merupakan salah satu alat ukur dari besaran pokok panjang. Apa definisi alat ukur? Alat ukur adalah sebuah benda atau alat bisa buatan atau alami yang digunakan untuk mengambil data kuantitatif dari berbagai benda seperti panjang, suhu, waktu, massa, berat, dan sebagainya. Data kuantitatif ini kemudian jadi hal yang sangat penting untuk dilibatkan dalam perhitungan dengan berbagai tujuan. Sobat juga bisa mendefinisikannya sebagai alat untuk mengkuantitatifkan besaran pokok maupun besaran turunan kedalam angka-angka numerik.

Ada berbagai macam alat ukur mulai dari yang tradisional seperti depa, lengan, jengkal, hingga yang modern. Masing-masing punya tingkat ketelitian masing-masing. Tidak bisa dipungkiri alat ukur yang ada sangat membantu pekerjaan manusia. Dalam berdagang ada timbangan untuk menakar berat, seorang tukang kayu menggunakan penggaris siku, teknisi listrik menggunakan multimeter, dokter menggunakan termometer, dan masih banyak lagi. Saking banyaknya, untuk mengukur besaran pokok panjang saja kita bisa menggunakanbanyak alat ukur. Kita bisa menggunakan penggaris, jika ingin lebih presisi kita bisa menggunakan jangka sorong atau mikrometer sekrup.

Ketika kita berbicara definisi alat ukur tidak akan lepas dengan yang namanya skala. Skala yang digunakan dalam setiap alat ukur berbeda-beda tergantung jenis besaran. Pada suhu kita kenal ada celcius, pada panjang ada centimeter, gaya ada newton, dan sebagainya.







Yuk Bagikan
tags:

One Response to “Apa Definisi Alat Ukur?”

  1. ario sambodo says:

    yang ngepost siapa nih tolong jelasin buat laporan ane

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Apa Definisi Alat Ukur?