Besaran dan Satuan Fisika SMP

Friday, February 12th 2016. | rumus matematika

Besaran dan Satuan (SMP) – Tahukan sobat dalam ilmu sains atau illmu pengetahuan alam kalian akan banyak berinterkasi dengan namanya besaran-besaran yang didapat dari aktivitas pengukuran dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya kalian membeli mangga 5 kg. 5 kg adalah massa dan ia merupakan contoh besaran. Contoh lain besaran yang sering kita temui sehari-hari seperti panjang, waktu, suhu, waktu, kecepatan dan sebagainya.

Apa itu mengukur?

Besaran didapat dari aktivitas pengukuran, lalu apa itu pengukuran atau mengukur? Pada zaman dahulu sebelum ada alat ukur yang canggih seperti sekarang orang-orang mengukur besaran panjang dengan menggunakan bagian tubuhnya. Misalnya bangsa mesir kuno yang memberikan satuan panjang cubit atau hasta (jarak dari siku sampai ke ujung jari). Sete;aj

Contoh lain misal di Inggris dikenal dengan satuan kaki, di Indonesia dikenal ada jengkal dan hasta. Jadi sobat bisa mendefinisikan kalau mengukur adalah aktivitas membandingkan suatu besaran yang diukur dengan besaran sejenis yang telah ditentukan sebagai satuan.

Satuan adalah besaran pembanding yang telah disepakati dan digunakan untuk pengukuran.
Besaran adalah sesuatu yang dapat sobat ukur dan dinyatakan secara kuantitatif dalam angkat.

besaran dan satuan fisika

Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Besaran Pokok

Tahukah sobat apa yang dimaksud dengan besaran pokok dan besaran turunan? Besaran pokok adalah besaran yang telah dipakai untuk dalam penentuan besaran-besaran yang lain. Sampai saat ini dikenal adanya 7 besaran pokok menurut International System of Units atau sering disebut Satuan Internasional (SI). Berikut 7 besaran pokok tersebut:

BesaranSatuanLambang Satuan
Panjangmeterm
Massakilogramkg
Waktusekon/detiks
Kuat arus listrikampereA
SuhukelvinK
Jumlah zatmolmol
Intensitas cahayakandelaCd

Besaran Turunan

Semua besaran yang diturunkan dari besaran pokok disebut dengan besaran turunan. Misalnya volume, merupakan turunan dari besaran panjang. Kecepatan merupakan turunan dari besaran panjang dan waktu. Berikut tabel beberapa besaran turunan yang sering dipakai di kelas VII SMP.

BesaranLambangSatuan
luasLm2
volumeVm3
kecepatanvm/s
percepatanam/s2
gayafkg.m/s2
usahaWkg.m2/s2
dayaPkg.m2/s3

Satuan Internasional (SI)

Sobat di berbagai tempat menggunakan satuan yang tidak seragam pasti akan timbul berbagai kesulitan seperti:
Muncul ketidaksamaan dalam pengukuran.
Menimbulkan kendala ketika ingin berpindah dari suatu satuan ke sautan yang lain. Misalnya ketika sobat ingin beralih dari satuan jengkal ke satuan kaki karena belum ada pedoman baku untuk konversi satuan-satuan tersebut.

Untuk tujuan mengatasi kendala-kendala tersebut maka timbul ide untuk membuat satuan standar untuk satuan-satuan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebuah satuan standar memiliki syarat atau kriteria sebagai berikut:

a. Satuan yang dipakai tidak akan mudah mengalami perubahan karena pengaruh sesuatu.
b. Satuan tersebut harus berlaku umum di semua tempat dan untuk waktu yang sangat lama.

Penentuan satuan standard dilakukan selama ini dilakukan oleh Lembaga Berat dan Ukurang Internasional yang didirikan di Prancis pada tahun 1875.

CGS dan MKS

Sistem satuan standard yang dikenal saat ini ada dua yaitu sistem inggris dan sistem metrik. Sistem inggris mengenal adanya Foot, Pound, dan Second yang sering disingkat FPS. Sistem metrik dibagi menjadi 2 yaitu MKS (meter kilogram sekon) dan CGS (centimeter, gram sekon)./ Berikut tabel lengkapnya:

BesasranSistem Satuan
Sistem
Inggris
Sistem Metrik
MKSCGS
panjangkaki (foot)meter (m)centimeter (cm)
massapon (pound)kilogram (kg)gram (g)
waktusekon (second)sekon (s)sekon (s)

Konversi dari sistem metrik ke sistem inggris

1 cm= 0,3937 inchi
1 meter= 3,281 ft (kaki)
1 meter= 1,094 yard
1 ft (kaki)= 12 inchi
1 yard= 3 kaki

Sekian sobat materi tentang materi besaran dan satuan untuk kalian yang duduk di kelas VII SMP. Selamat belajar.







Yuk Bagikan
tags:

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Besaran dan Satuan Fisika SMP