Inilah Zat Makanan Beserta Fungsinya Bagi Tubuh

Thursday, July 21st 2016. | biologi

Jenis makanan yang kita makan setiap hari mungkin berbeda antara satu orang dengan orang lain. Ada yang mengkonsumsi nasi, ada yang mengkonsumsi singkong, tetapi ada juga yang mengkonsumsi jagung.

Meskipun makanan yang kita konsumsi berbeda, tetapi pada dasarnya semua makanan tersebut mengandung beberapa zat seperti karbohidrat, protein dan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh.

Lalu yang kemudian menjadi persoalan adalah kebanyakan orang secara tidak sadar mengkonsumsi makanan yang justru tidak baik bagi tubuh.

Maka dari itu, dalam ulasan kali ini kita akan beberapa bahas beberapa jenis zat makanan yang dibutuhkan oleh  tubuh.

Karbohidrat

Bagi tubuh kita, karbohidrat merupakan sumber energi yang paling utama. Maka dari itu, karbohidrat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Karbohidrat sendiri tersusun dari beberapa unsur seperti karbon, hidrogen dan oksigen. Untuk memperoleh karbohidrat, kamu bisa mengkonsumsi tumbuh tumbuhan atau sayur sayuran.

Karbohidrat yang kamu konsumsi setiap hari pada umumnya adalah molekul besar. Sehingga karbohidrat ini perlu dicerna di alat pencernaan agar dapat terserap dengan baik oleh tubuh.

fungsi zat makanan

Protein

Berbeda dengan karbohidrat, protein ini tersusun dari berbagai unsur yang lebih lengkap seperti karbon, hidrogen, oksigen dan nitrogen.

Bagi tubuh, protein ini sangat berperan penting membantu pertumbuhan serta mengganti sel sel tubuh yang telah rusak. Disamping itu, protein juga sangat dibutuhkan untuk pembangunan enzim.

Dikarenakan protein ini sangat dibutuhkan oleh tubuh, kamu hendaknya banyak mengkonsumi makanan yang banyak mengandung protein.

Lalu dari mana kamu bisa mendapatkan protein?

Tenang saja, untuk bisa mendapatkan protein, kamu bisa mengkonsumsi kacang kacangan, ikan dan juga telur. Sangat mudah bukan?

Zat lain yang juga tidak kalah penting bagi tubuh kamu adalah lemak.

Lemak

Jika mendengar kata yang satu ini, kebanyakan orang pasti beranggapan jika lemak merupakan sumber penyakit. Namun, ternyata lemak ini juga dibutuhkan oleh tubuh.

Hampir sama seperti karbohidrat, lemak ini juga tersusun dari tiga unsur yakni karbon, hidrogen dan oksigen. Dikarenakan tersusun dari unsur yang sama dengan karbohidrat, lemak ini juga mempunyai fungsi yang hampir sama dengan karbohidrat yaitu sebagai sumber energi.

Selain sebagai sumber energi, lemak ini juga berfungsi sebagai penyusun membran sel, sebagai cadangan makanan di dalam tubuh dan sebagai pelarut berbagai macam vitamin seperti vitamin A, D, K dan vitamin E.

Lemak ini bisa kamu peroleh jika mengkonsumsi daging, susu, kacang kacangan dan tumbuh tumbuhan.

Selain karbohidrat, protein dan lemak. Zat lain yang juga tidak kalah penting bagi tubuh kita adalah vitamin dan mineral.

Vitamin dan mineral

Vitamin sendiri merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan vitamin yang cukup, proses proses yang ada didalam tubuh juga akan tetap terjaga.

Secara garis besar vitamin sendiri terbagi atas beberapa macam seperti vitamin A, B , C, D , E dan vitamin K. Dari sekian banyak jenis vitamin ini, tentunya mempunyai peran dan fungsi yang berbeda.

Untuk dapat memperoleh vitamin , kamu bisa mengkonsumsi buah buahan dan sayur sayuran.

Sama halnya vitamin, mineral juga dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk struktur tubuh. Dari sekian banyak mineral yang dibutuhkan tubuh, setidaknya ada beberapa jenis mineral yang dibutuhkan tubuh seperti kalsium, natrium dan fosfor.

Lalu dari mana kamu bisa mendapatkan mineral ini? dengan mengkonsumsi susu secara rutin, maka kandungan mineral dalam tubuh kamu akan tercukupi karena susu merupakan salah satu sumber utama mineral.

Itulah ulasan singkat tentang zat makanan beserta fungsinya bagi tubuh kita. Semoga bermanfaat.







Yuk Bagikan

3 Responses to “Inilah Zat Makanan Beserta Fungsinya Bagi Tubuh”

  1. Muhammad anshori says:

    makanan apa yang mengandung pewarna makanan yang tidak baik??

  2. Jumardiansyah says:

    Kenpa setiap. Manusia suka lemah di pagi hari

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Inilah Zat Makanan Beserta Fungsinya Bagi Tubuh