Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia

Saturday, December 3rd 2016. | rumus fisika

Assalamualikum wr.wb dear sobat hitung yang berbahagia dimanapun anda berada. melanjutkan pelajaran kemarin mari kita bahas pada kesempatan yang indah ini mari kita bahas materi perubahan wujud benda. Let’s go,,, Dalam kehidupam sehari hari mungkin sobat pernah mengamati terjadinya perubahan zat. Perlu sobat tah bahwa zat  adalah  sesuatu yang menempati ruang serta memiliki massa.

Lalu apakah benda benda itu memerlukan tempat? Jawabannya , ya tentu seperti contoh air di dalam bak mandi sdobat pindah kedalam ember , dengan tindakan tersebut sobat telah membuktikan bahwa air tersebut membutuhkan tempat. Dan bila sobat menimbang air itu, ternyata air memiliki massa , demikian juga dengan udara yang sobat hirup sehari hari, ternyata udara juga menempati ruang serta memiliki massa.

Wujud Benda

Wujud benda dapat kita bedakan menjadi 3 yaitu :

  • Benda berwujud padat misalnya : bolpoin, penghapus, buku, papan tulis, es batu, dan lain lain.
  • Sifat yang benda padat yaitu; bentuknya tetap dan bisa mencair jika dipanaskan pada suhu tertentu.
  • Benda berwujud cair misalnya: air, minyak goreng, bensin, spirtus, dan sebagainya.

Benda benda yang ada di sekitar sobat dapat dikelompokkan menjadi tiga wujud zat, yitu padat, cair dan gas .berikut ini perubahan yang dapat dialami dari ketiga wujud zat diatas.

Perubahan wujud zat

Perubahan wujud zat benda secara garis besar dapat di kelompokkan menjadi 2 bagian yaitu:

Perubahan fisika

Pada sata cuaca yang panas , dan sobat habis olahraga enaknya emang minum es,, tapisobat tahu ngak cara membuat es?, Ketika air yang dimasukkan kedalam freezer akan mengalami perubahan yang semula cair menjadi padat. Lalu peruban wujud apa lagi yang dapat sobat temukan saat air dipanaskan lalu kemudian mendidih? Coba sobat cari jawabannya !

Apa sih perubahan fisika itu?

Perubahan Fisika adalah perubahan suatu zat yang tidak menghasilkan zat baru dan bersifat sementara. Contoh: es batu mencair, lilin meleleh, gula larut dalam air, dan lain-lain.

Ciri-Ciri Perubahan Fisika

- Perubahan zat hanya terjadi pada bentuknya, namun tidak disertai dengan perubahan sifatnya
– Zat hasil dari perubahan fisika dapat dikembalikan ke bentuk semula
– Sifat zat yang dimiliki sebelum dan setelah perubahan adalah sama.

Macam macam perubahan fisika

Perubahan Fisika yang berupa perubahan wujud zat,

Perubahan suatu wujud zat yang terjadi dikarenakan adanya pengaruh perubahan suhu/temperatur lingkungan. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut ini:

Diagram perubahan wujud zat

segitiga perubahan wujud zat

Berikut ini perubahan fisika suatu zat dapat kita golongkan menjadi enam enam peristiwa yaitu ;

  • Membeku
    Adalah suatu peristiwa berubahya wujud suatu zat cair menjadi padat.hal ini terjadi. Dikarenakan adanya pendinginan, misalnya; air yanfg dimasukkan kedalam freezer yang kemudian berubah menjadi es batu, lilin cair yang di dinginkan dan lain lain.
  • Mencair
    Adalah peristiwa berubahnya wujud suatu zat Ang tadinya padat menjadi cair. Hal ini terjadi Dikarenakan adanya kenakian suhu(panas); misalya es batu yang di diamkan dirung terbuka yang kemudian mencair, dan lilin yang dipanaskan yan
  • Menyublim
    Adalah suatu peristiwa berubahnya suatu zaat yang semula padat kemudian berubah menjadi gas. Contonya,: pada kapur barus (kamper) yang disimpan di lemari pakaian yang lama kelamaan akan habis.
  • Menguap
    Adalah peristiwa berubahnya wujud suatu zat dari cair manjadi gas. Misalnya air bila direbus, lama kelamaan akan menguap dan dan habis. Bensin juga bisa menguap kalau di biarkan di tempat yang terbuka telalu lama dan akan berubah menjadi gas.
  • Mengembun
    Adalah peristiwa berubahnya suatu zat yang mula – mula berbentuk gas, kemudian berubah menjadi cair. Misalnya: pada ssat sobat memasak air kemudian sobat menutup pancinya, setelah airnya mendidih cobalah sobat tengok tutup psncinya, maka akan nampak bintik bintik kecil ari yang menempel di bawah tutup panci, atau pernahkah sobat pergi kelapangan pada watu pagi, padahal tadi malem tidak hujan, nah sobat dapati rumputnya menjadi basah, itulah contoh dari pengembunan.
  • Mengkristal
    Adalah suatu peristiwa berubahnya suatu zaat yang semula padat menjadi gas.contohnya: berubahnya uap menjadi salju.

Perubahan Fisika yang berupa perubahan ukuran suatu zat,

Materi suatu zat yang berukuran besar dapat diperkecil dengan cara mekanik, seperti dipotong , dipecah, ,digiling, di gilas, ditumbuk Contoh: biji kopi yang ditumbuk menjadi serbuk kopi dan beras yang ditumbuk untuk dijadikan tepung beras.

Perubahan Fisika yang berupa perubahan volume,

Perubahnya volume yang disebabkan oleh penyusutan suatu materi karena didinginkan atau pemuaian suatu materi karena dipanaskan. Contoh: proses memuaianya rel kereta api pada siang hari karena panas dan menyusut karena dingin.

Perubahan Fisika yang berupa perubahan bentuk zat,

Perubahan bentuk materi suatu zat yang dapat terjadi apabila dipukul, diremas, atau menggunakan alat bantu mesin. Misalnya : kayu yang berasal dari pohon dapat drubah bentuknya menjadi meja, kursi dan lemari yang dibuat dengan menggunakan alat bantu seperti pahat, gergaji dan palu,juga Tanah liat yang dapat dirubah menjadi hiasan didalam rumah, seperti guci, vas bunga, dll.

Perubahan Kimia

Perubahan Kimia yaitu, perubahan suatu zat yang terjadi karena adanya reaksi kimia sehingga menghasilkan suatu zat yang baru. Seperti; kertas dibakar berubah jadi abu, besi berkarat , dll.

Ciri-Ciri dari Perubahan Kimia

- Terjadinya perubahan susunan molekul;
– Terbentukya zat baru dengan sifat zat yang berbeda dengan sifat penyusunnya;
– dan Perubahan zat bersifat irreversibel atau (tidak dapat kembali lagi ke bentuk awal).

Macam-Macam Perubahan Kimia

I. Perubahan kimia yang menghasilkan perubahan suhu
Proses Perubahan suhu dibagi menjadi dua:
1. Reaksi Eksoterm, adalah reaksi kimia yang menghasilkan energi panas (kalor) sehingga meningkatkan suhu lingkungan. Contoh; proses pembakaran petasan dan proses pembuatan api unggun
2. Reaksi endoterm, adalah reaksi kimia yang membutuhkan (menyerap) energi panas sehingga menyebabkan efek dingin pada lingkungan. Contohnya garam dapur (NaCl) yang dilarutkan dalam air.

II. Perubahan Kimia yang dapat menghasilkan perubahan warna
Terjadinya perbedaan warna antara sebelum reaksi dan sesudah reaksi pada zat-zat yang bereaksi itu menunjukan adanya perubahan kimia. Contoh: perubahan pada warna kertas lakmus, berubahnya kertas lakmus biru yang menjadi merah saat dicelupkan ke larutan asam , dan kertas lakmus merah yang berubah menjadi biru saat dicelupkan ke dalam larutan basa.

III. Perubahan kimia yang dapat menghasilkan gas
Salah satu indikator dari perubahan kimia ialah,Terbentuknya gas pada proses reaksi

Contoh: logam seng (Zn) apabila direaksikan dengan larutan asam sulfat atau (H2SO4)maka akan terbentuk seng sulfat (ZnSO4) dan sejumlah gelembung-gelembung gas hidrogen.

IV. Perubahan kimia yang dapat menghasilkan endapan
Hasil dari zat-zat yang bereaksi jika terbentuk suatu endapan maka termasuk perubahan kimia. Contoh: perak nitrat (AgNO3) yang dicampur dengan natrium klorida (NaCl) akan menghasilkan natrium nitrat (NaNO3) dan endapan berwarna putih perak klorida (AgCl).

Never publish dirty markup code and double check your content before publishing a web article!







Yuk Bagikan

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia