Rumus Luas Persegi dan Contoh Soal

Sunday, December 2nd 2012. | rumus matematika

Persegi merupakan bangun berdimensi 2 yang terbentuk dari 4 rusuk yang saling tegak lurus dan sama panjang. Masing-masing sisi yang berhadapan sejajar. Bangun persegi juga dijadikan simbol kuadrat bilangan dan telah dikenal sejak zaman mesir kuno dan babylonia. Banyak sekali benda di sekitar kita yang berbentuk persegi. Bentuk bangun datar persegi yang paling sering kita jumpai di rumah mungkin adalah ubin lantai. Jika kelak sobat akan membangun rumah dan ingin menutup lantainya dengan ubin pasti perlu menentukan luasnya lantai rumah dan menyesuaikannya dengan ukuran ubin menjadi sangat penting.

Bagaimana menentukan luas persegi?

Caranya sangat mudah, luas persegi adalah perkalian sisi dengan sisi. Karena sisinya sama, maka sama juga dengan kuadrat panjang sisinya.

rumus luas persegi

Rumus Luas Persegi = S x S = S2

S = panjang sisi atau rusuk persegiLuas persegi juga bisa dinyatakan sebagai kuadrat dari panjang sisinya. Sebaliknya panjang sisi persegi merupakan akar kuadrat dari luasnya.

Contoh soal

  1. Diketahui suatu persegi dengan sisi 49 cm, berapakah luas persegi tersebut. Jawabannya :L = S x SL = 49 x 49L = 2401 cm2
  2. Luas Persegi sama dengann 49 m2, berapa panjang sisinya?L = S49 = S2S = akar kuadrat 49S = 7 m
  3. Rumah sobat akan diberi lantai keramik. Luas bagian bawah rumah adalah 32 m2 jika pada lantai tersebut akan dipasang ubin ukuran 40 cm x 40 cm berapa buah ubin yang dibutuhkan dan jika harga 1 ubinnya 8.000 berapa uang yang harus sobat keluarkan?Luas 1 buah ubin = 0,4 x 0,4 = 0,16 m2Jumlah ubin minimal = 32/ 0,16 = 200 ubinJumlah uang = 200 x 8.000 = Rp1.600.000
  4. Sebuah taman mempunyai luas 625 meter persegi, tentukan keliling dari taman tersebut!untuk mencari sisi kita peroleh dari  √625 = 25 m. Keliling sama dengan 4 kali sisi yaitu 100 m.
  5. Sebuah persegi mempunyai luas sama dengan kelilingnya, berapa sisi dari persegi tersebut?Luas persegi = Keliling persegiS.S = 4S (coret S)S = 4

Tips Menghitung Luas Segi Empat

Menentukan luas persegi sama dengan rumus mencari bilangan kuadrat. Jika sobat tahu bagaimana mencari kuadrat suatu bilangan maka dapat dengan mudah menentukan luas persegi. Misalkan saja sisi persegi adalah 79, berapa luasnya? Untuk mencarinya ada cara cepatnya. Silahkan baca di rumus cepat perkalian dan bilangan kuadrat.

Tidak hanya itu saja, kadang dalam soal luas persegi sobat diminta mencari sisi jika diketahui luasnya. Caranya sobat harus bisa mencari akar dari suatu bilangan. Suatu persegi luas 7921 m2 , berapa panjang sisinya? Cara cepatnya bisa sobat baca di Cara Cepat Mencari Akar Kuadrat Bilangan.

Yang terakhir jangan lupa untuk tetap teliti dan memperhatikan satuannya. Sekian rumus luas persegi dari rumushitung.com, Semoga bermanfat.





Yuk Bagikan

48 Responses to “Rumus Luas Persegi dan Contoh Soal”

  1. ingsyira says:

    Ruang kelas berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 12m dan lebar 6m.Pada ruangan tersebut akan dipasang ubin dengan ukuran 25cm × 25 cm. Ubin yang dibutuhkan sebanyak….buah

    • rumus hitung says:

      luas emua ruang kela adalah = 72 m2
      luas satu ubin = 625 cm2 = 0,0625
      jumlah ubin yang diperlukan = 72/0.0625 = 1152 buah ubin.

  2. TamaraNM says:

    Deketahui: Luas sebuah persegi 256m
    Ditanya:Berapa pangjang sisi persegi itu?

  3. asih says:

    Tlg, ya gan
    Sebuah persegi memiliki keliling 96 cm. Berapa luas bangun terssbut?

  4. Zulfikar says:

    Diketahui:Keliling persegi 60 cm.
    Ditanya :Berapakah Luasnya.

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Rumus Luas Persegi dan Contoh Soal