Cara Menghitung Persentase

Monday, December 10th 2012. | rumus matematika
advertisement

cara menghitung persentase

Cara menghitung persentase – Sobat, persen artinya sendiri adalah perseratus dan persentase sendiri merupakan nilai suatu perbandingan jika dijadikan dalam skala seratus atau lebih gampangnya nilai perbandingan (pecahan) jika penyebutnya dijadikan seratus.

Contoh misalnya saya punya 4 buah kelereng dan 3 diantaranya berwarna putih. Jika saya ditanya berapa presentase kelereng putih maka cara menghitung presentasenya
3/4 x 100 % = 75 %
Coba sobat lihat angka 100% sebenarnya bernilai satu, 100 persen = 100/100. Jadi perubahan ke bentuk presentase sekali lagi hanya merubah bentuk tanpa merubah nilai. Karena suatu nilai atau bilangan yang dikali satu sejatinya tidak pernah berubah.

Jadi dapat disimpulkan cara menghitung persentase adalah sebagai berikut

Presentase = Jumlah dicari persentasenya/ jumlah keseluruhan x 100%

Saya membeli dispenser senilai 100.000, karena ternyata dispenser itu ada yang cacat dan tidak bisa ditukar maka saya jual dengan harga 67.000. Berapa persentase kerugian saya.

Cara menghitung persentase kerugiannya

jumlah kerugian/harga beli x 100%
100.000-67.000/100.00 x 100% = 33%

contoh soal lain
saya seorang pedagang, saya beli gula perkilonya 9800. Jika saya menginginkan untung 20% maka berapa gula tersebut harus saya jual lagi.

sobat bisa saja menghitung nilai keuntungan yang 20% nya dulu baru kemudian ditambahkan dengan 9.800. atau dengan cara yang lebih cepat.

120%
—– x 9.800 = 11.760
100%

penggunaan persentase dalam kehidupan sehari-hari bermacam-macam mulai dari pendidikan di sekolah, pedagang di pasar, bunga pinjaman, material bangunan dan lain-lain. Itu tadi sobat cara menghitung presentase, semoga bermanfaat. :D

advertisement

353 Responses to “Cara Menghitung Persentase”

  1. Hakim says:

    kalau ada soal seperti ini: diketahui suhu standar sebuah perpustakaan adalah 22 derajat celcius, kemudian suhu perpustakaan A adalah 30 derajat celcius, berapa persen suhu perpustakaan A mendekati standar???

    • donbull says:

      1. suhu tersebut 36,4 % melebihi standard
      30/22 x 100% = 136,4 %
      2. kalau ditanya seberapa persen “mendekati” suhu standard, kita harus tau titik awal suhunya mas, namanya mendekati kan harus tahu jarak suhu awalnya kemudian suhunya sudah jalan (naik atau turun) berapa dan kurang berapa untuk sampai tujuan. Hehe pertanyaannya banyak tafsirannya. :D
      #mohon koreksi jika ada yang salah

    • epen says:

      saya membeli lemari trus pedagang kasi saya 25% potongan harga, berapa yang harus saya bayar

    • ketut says:

      Bro, bisa bantu saya,
      ini saya ada permasalahan

      #april cost laundry saya 14.711.070 dng banyak yg laundry 990 orang
      #mei cost laundry saya 24.670.455 dng banyak laundry 1934
      #june cost laundry saya 25.680.750 dng banyak orang yg laundry 2095

      berapa persentase pengeluaran saya/cost saya setiap bulan
      thanks

      • rumus hitung says:

        mohonn maaf kak ketut ane belum paham soalnya…presentase cost laundrynya itu dari besaran apa? pengeluaran? gaji tiap bulan? atau apa.. apa mungkin yang ditanyakan kenaikan atau penurunan cost per baju?

  2. Punk java slankers says:

    Kalau 1400000:2,5persen hasilnya brapa..dan bgaimana cra menghitngnya…?

  3. Panji says:

    selamat siang, saya mau tanya.
    diketahui hasil = Rp.213.000.000 setelah ditambah 10% dari nilai awalnya, pertanyaan berapa nilai awalnya?dan bagaimana mencari rumusnya?
    Thank you

  4. wine isa says:

    thanks banget atas perhitungan porsentase keuntungannya.

  5. indra says:

    jawaban donbull sdikit keliru, dengan logika sederhana. jika suhu standar 22C, maka seandainya suhunya menjadi 44C, maka kedekatannya 100% kan.. klw 33C maka kedekatannya 50% kan.. nah klw 30C, pasti kedekatannya dibawah 50%. jadi dihitung dulu pertambahan derajatnya berapa… setelah itu dibagi dengan derajat dasarnya dan kalikan 100%. hitungan tepatnya : (30-22)/22 x 100% = 36,36%

  6. justinus says:

    produk a dengan harga satuan 5460, satu dus isi 12 = 65520/dus.untuk bonus pembelian dari produk a saya mendapatkan produk b dengan harga satuan 43323.
    pertanyaan nya : dengan ratio 10% berapa dus produk a yang saya beli agar mendapatkan produk b?

    tolong di jawab kk..

  7. arga sedana says:

    kalau ada soal begini..
    seorang pemborong telah mnjual sbuah rumah sharga Rp.180.000.000 dgn mndapat keuntungan 20%. harga beli rumah tersebut adalah..?
    bagaimana cara menghitungnya…??
    tolong d blas..
    (Y)

    • rin kurano says:

      mas arga : 180.000.000 sudah sama untung 20%, jadi 180.000.000 kalau dibikin presentase total adalah 120% kalau ditanya harga belinya, berarti mas arga cari yang 100% nya
      100%/120% x 180.000.000 = 150.000.000

      semoga bermanfaat :D

      • hasan21 says:

        100%/120% x 180.000.000 = 150.000.000
        bagaimana cara rumus perhitungan lengkap dari rumus tersebut agar lebih dapat dipahami. makasih

        • rumus hitung says:

          harga beli = 100%
          untung = 20 %
          harga jual = harga beli + untung = 120%
          cara panjangnya bisa dengan
          harga beli + untung = harga jual
          harga beli + 20% harga beli = harga jual
          120 % harga beli = harga jual
          harga beli = harga jual/120% = 150.000

          • rait says:

            bro,minta tlg dong di jawab ini soal gw masuk ke salah satu perguruan tinggi kmrn.bu Mira pgn bangun rumah.rumah itu hrs selesai dalm waktu 20 hari.dia punya buruh 5 org,5 org tsb hanya bs mengerjakan slama 7 hari.agar rumah tsb bs selesai slama waktu yg di tentukan yaitu 20 hari, brp org lg yg hrs di tmbh?
            pls d jwb bro

          • rumus hitung says:

            pekerjaan bisa selesai oleh 5 orang dalam waktu 7 hari, kalau waktunya 20 hari berarti 5 orang lebih dari cukup dong mas… untuk selesai dalam waktu yang disediakan yaitu 20 hari maka perkerjanya harus dikurangi bukan ditambah..

            total pekerjaan = 35 orang hari
            untuk menyelesaikannya dalam waktu 20 hari maka jumlah orang yang dibutuhkan
            = 35/20 = kurang lebih 2 orang sudah bisa selesai dalam 20 hari

            *mohon koreksinya jika ada yang kurang benar

          • rait says:

            gini ja mas..klo seandainya sebuah rumah bisa diselesaikan dalam waktu 20 hari(7 org)berarti klo 4 org yg mengerjakannya berapa lamakah rumah itu akan selesai?biar gak bingung mungkin soalnya gini ja,,minta tlg di jelasin ya mas..

          • efika says:

            bkany itu bgini
            20% x 180.000.000 = 36.000.000
            jd harga pkoknya 180.000.000 – 36.000.000 = 144.000.000

          • rumus hitung says:

            kak efika soalnya kan begini
            seorang pemborong telah mnjual sbuah rumah sharga Rp.180.000.000 dgn mndapat keuntungan 20%. harga beli rumah tersebut adalah..?
            bagaimana cara menghitungnya…??
            untung 20% kan bukan dari harga jual, tapi 20% dari harga ketika membeli.. :D
            #ngajak diskusi..

  8. retno says:

    seorang pedagang elektronik membeli 10 unit TV dg harga Rp 18.000.000 . jika ia mengharapkan keuntungan 20%, maka harga jual TV perunit adl….

    tolong kasih tau cara cepatnya donk..!!!!?

    • rumus hitung says:

      = 120%/100% x 18.000.000/10 = 6/5 x 1.800.000 = 2.160.000

      • ranto says:

        6/5 nya dari mana ya,,, terimakasih
        minta tolong dong di jelasin

        • rumus hitung says:

          itu dari penyederhanaan 120%/100% = 12/10 = 6/5

          • Busria Julita says:

            mas,klo soalnya gini jawabannya gmn y..pak Joko mw bangun rumah.rumah tersebut hrs selesai dalam waktu 2 minggu/14 hari ( dgn7 org pekerja)sementara pekerja nya hanya ada 5 org.berarti rumah tsb selesainya brp hari?terimakasih balas ya mas..

          • rumus hitung says:

            7 orang butuh 14 hari, berarti ada load kerjaannnya = 7 x 14 = 108 orang hari
            jika cuma ada 5 orang maka makan waktu 108/5 = 22 hari (paling cepet)

  9. Fendi Saputra says:

    mau bertanya pak,

    kalau diketahui potongan 63.560 dari 2,3 persent dikali harga awal,

    berapa harga awal?

    Rumusnya gimana ya,,

  10. usman says:

    gimana cara mencari persentase penurunan misalnya impor jagung pada bulan januari 346.0000. pada bulan februari 171.455. tks

  11. rosad says:

    uang wima dua kali uang vemi.setelah wima membelanjakan uangya 70% dan vemi membelnjakan uangnya 120.000 sisa uang meraka sama, berapakan uang yang dibelanjakan wima,? tolong caranya bagaimana

    • rumus hitung says:

      misal wima = w dan vemi = v
      persamaan 1

      w = 2 v

      persamaan 2

      30% w = v-120.000

      *30% adalah sisa uang wima setelah dibelanjakan 70%

      masukkan persamaan 1 ke persamaan 2
      30% w = v-120.000
      30% 2v = v-120.000
      60% v = v-120.000
      120.000 = v-0,6v
      120.000 = 0,4 v
      0,4 v = 120.000
      v = 120.000 : 0,4
      v = 300.000

      w = 2 x 300.000 = 600.000

      kalau ditanyakan yang dibelanjakan wima = 70% x 600.000 = 420.000

  12. Rafky says:

    Seorang pedagang membeli 1 1/2 lusin gelas seharga Rp. 45.000,00 dan pedagang tersebut telah menjual 5 gelas seharga Rp. 10.000,00 .jika semua gelas telah terjual dengan harga tersebut, maka persentase kerugian pedagang tersebut adalah?

    Mohon jawaban dan rumusnya gan..

    • rumus hitung says:

      pendapatan 18/5 x 10.000– = 36.000
      pembelian ————— = 45.000
      ———————————— –
      untung (rugi) ———— = (9.000)

      persentase kerugian = 9.000/45.000 x 100% = 20%

  13. Rafky says:

    Gan 18/5 dapat dari mana.?

    • rumus hitung says:

      jika 5 buah harga jualnya 10.000
      maka 18 buah (1 1/2 lusin) harga jualnya = 18/5 x 10.000

      mas rafky juga bisa menghitungnya dengan mencari harga jual perunitnya (10.000/5) = 2.000 baru di kali 18 buah

  14. Putri says:

    Kalau ada soalnya begini
    Jumlah siswa kelas V ada 40 siswa.Siswa perempuan 24 siswa,siswa laki laki 16 siswa. Persentase siswa perempuan dikelas itu adalah ?

  15. a.wesi ibra says:

    Terima kasih info nya.. untuk lebih memastikan pengetahuan ku… terima kasih banyak…

  16. andri says:

    274 butir kelereng = 100%
    berapa kalau kelerengnya 84

  17. yan_clcp says:

    Sya membeli hp dgn pembiyaan kredit,
    Harga cash Πўǟ RP4 300 000
    Setoran perbulan sya RP 591rbu x 9 =5 319 000
    Bagemana cara mengetahui keuntungan % dipihak adira?
    Terimakasih ∂ķΰ yg butamatemtika

  18. sdn jenang 02 says:

    pak mau tanya
    kalo misalnya pak kamsir menjual sapi seharga 2.700.000 dengan menderita kerugian 10%. berapa rupiah harga pembelian sapi tersebut?

    • rumus hitung says:

      harga jualnya berarti 90% (rugi 10%)
      untuk cari harga belinya = 100%/90% x 2.700.000 = 3.000.000 :D

  19. sdn jenang 02 says:

    pak kalo misalnya soalnya
    sebidang kebun panjangnya 84 m & panjangnya 63 m
    di sekeliling dibuat parit dengan lebar 0,75 m. maka luas kebun tanpa parit= ….. m
    maaf bukan soal perbandingan….

  20. sdn jenang 02 says:

    jawab y pak ini pr sekolah yang blm diajarin

  21. Teguh says:

    Mohon dibantu. Rafi menabung di bank dengan bunga 14% pertahun. Setelah 18 bulan uang Rafi menjadi Rp. 4.840.000. Berapa awal mula uang Rafi? Terima kasih.

    • rumus hitung says:

      bunga tabungan 14% pertahun, jika 18 bulan (1,5 tahun) bunganya = 1,5 x 14% = 21 %

      maka tabungan 4.840.000 merupakan 100% + 21% = 121 %
      tabungan awal = 100%

      maka tabungan awal bisa dihitung dengan
      100%/121% x 4.840.000 = 4.000.000

      Ini pakai asumsi bunganya bukan bunga majemuk

  22. bleach says:

    tolong batuannya

    Gimana cara menhitung secara manual

    100.000 – 2.5%

  23. erlangga says:

    mohon dibantu menghitung, si A di targetkan menyelesaikan pekerjaan dg waktu 30 menit, dan si A mampu menyelesaikan pekerjaannya 25 menit, brp prosentasi keberhasilan si A ??

  24. andi says:

    Mohon bantuannya mas…. untuk menghitung persentasi kebenaran. Jika keadaan asli berjumlah 50, sedangkan prasos melalui suatu “metode” berjumlah 63.
    Berapa persen tingkat kevalidan perhitungan dengan “metode” ?

  25. Ryllie says:

    dear,
    tolong duonk…
    misalnya Rp. 8.607 adalah hasil akhir dari angka awal setelah dikurangi 40%. Bagaimana mencari angka awalnya ya..

    terimakasih :)

    • rumus hitung says:

      berarti angka 8.607 itu sama dengan 60%

      kalau ditanya awalnya berarti
      100%/60% x 8.607 = 5/3 x8.607 = 14.345

  26. debby says:

    mohon bantuannya,
    jadi, produksi seluruh indonesia 60.325.925.00 ton dan pada provinsi aceh produksi 1.402.287.00 .Berapa persen aceh dari produksi indonesia?

  27. yudhi says:

    7 itu berapa persen dari 50?

  28. yanto says:

    mau tanya diskon persentase harga 970000 pas bayar 525000 itu diskon berapa persen iya.. Mohon rumus.thx

  29. SIFA says:

    KALO 9 ADALAH 150 PERSEN DARI BERAPA ?

  30. cahy0 says:

    jumlah th 2013 340 th 2013 520 brpa tingkat persen dari kenaikan tersebut?

    • rumus hitung says:

      itu tahunnya ko sama ya mas.. apa itu tahun 2014?
      kalau ya berarti persentase kenaikan tahun 2014nya = 180/340 x 100% = 52,94%

  31. mbah says:

    saya menanyakan target dalam satu bulan 25000 m3 batu, tetapi
    saya bekerja baru lima hari baru dapat 5000 m3, kurang berapa persen batu yang harus saya produksi? dan yang sudah saya produksi berapa persen?

  32. wildan says:

    saya mau tanya
    misalnya ada soal:
    bu ani mempunyai 8 butir terlur ayam dan 6 butir telur itik.
    pertanyaan:presentase telur itik terhadap telur ayam adalah …

    mohon dijawab sekarang sama caranya karena besok dikoreksi

  33. dimdim says:

    jika x : y = 0,038 berapakah nilai x dan y?

  34. wiwy says:

    makasih, dari prtanyaan sdr PANJI di atas saya sudah mngerti ,tadinya saya mau tanya begitu juga, berguna bangt

  35. kudi says:

    saya mau tanya ni?
    1.kalau saya beli mangga harga 1 kg itu awal nya 4500 kemudian naik menjadi 6500, berarti itu naik berapa persen ?
    2. kalau dari harga 6.500 biar saya dapat untung 20 persen saya jual berapa???

    terima kasih

  36. dido says:

    mau tanya…sy ada pertanyaan seperti ini :
    pendapatan rata-rata suatu perusahaan Rp. 300.000,- perbulan. pendapatan rata-rata karyawan pria Rp. 320.000,- dan pendapatan rata-rata karyawan wanita Rp. 285.000,-. Berapa prosentase perbandingan karyawan wanita dan wanita?
    trimakasih

    • rumus hitung says:

      misalkan jumlah pria = x dan jumlah wanita y maka

      pendapatan rata-rata = pendapatan total (pria n wanita)/ jumlah wanita + pria
      300.000 = [320.000 x + 285.000 y]/[x+y}
      300.000 x + 300.000 y = 320.000 x + 285.000 y
      300.000 y -285.000 y = 320.000 x – 300.000 x
      15.000 y = 20.000 x
      y/x = 20.000/15.000 = 4/3
      atau x/y = 3/4 —> pria banding wanita = 3 : 4

  37. dido says:

    maksud saya prosentase perbandingan karyawan pria dan wanita.
    trimakasih

  38. srilinux says:

    numpang nanya yaaa
    jika harga bandwidth internet 1 MB 4juta
    harga bandwidth internet 1,5 MB 5,5 juta
    berapa yaa kira kira perkiraan harga bandwidth 0,5 Mb ?
    dan pendekatan rumus yg digunakan

    terima kasih atas bantuannya

    salam
    srilinux

    • rumus hitung says:

      1 MB –> 4 jt
      1,5 MB –> 5,5 jt (bukan 6 jt)

      belum jelas polanya mas.. kalau ada satu sample lagi mungkin bs dicari. Ini kaya orang jualan malahan, beli lebih banyak dapat harga persatuan tertentu lebih murah.. mungkin sobat yang lain bisa bantu

      • srilinux says:

        Terima kasih atas infonya, oh yaa memang kalau dilihat polanya saya juga belum jelas.tetapi realnya seperti ini

        harga resmi/umum
        bandwidthnya
        1 MB adalah 6,1 juta
        1,5 MB adalah 7,8 juta
        2 MB adalah 8,7 juta
        berapa kira kira perkiraan harga 0,5 MB ?

        harga promo/special menjadi
        1 MB adalah 1,1 juta
        1,5 MB adalah 1,3 juta
        2 MB adalah 1,4 juta
        berapa kira kira perkiraan harga 0,5 MB ?

        atau pendekatan rumus atau proporsi apa ya sebaiknya yang digunakan..?
        atas bantuan solusinya terima kasih

        Regards,
        srilinux

        • rumus hitung says:

          mas srilinux, hehehe belum ketemu mas, polanya samapai 2 tingkat… :D ntr ane coba lagi cari referensi dar marketing deh..

          • srilinux says:

            Iya mas saya percaya mas pasti bisa deh…jadi saya perlu bantuanya ya
            kirakira pendekatan nilai bw utk 0,5mb
            yg masuk akal/rasional
            atau apa ada pendekatan rumusnya?
            Sekali lagi minta bantuannya ya
            makasih.
            Regards
            srilinux

  39. dido says:

    oke trimakasih banget bantuannya..
    tanya lagi boleh ya..:)

    Pada sebuah perusahaan, 46% pegawai adalah laki-laki, Jika 60% pegawai sudah menikah dan 70% dari pegawai yang sudah menikah adalah pegawai laki-laki, berapakah dari pegawai belum menikah adalah pegawai perempuan?

    • rumus hitung says:

      :: laki-laki = 46% jadi wanita = 54%
      :: menikah = 60%, dimana 70% nya adalah laki-laki .. jadi pegawai laki2 yang sudah menikah = 70% x 60% = 42 % dari seluruh pegawai
      :: perempuan yang sudah menikah = 60%-42% = 18%

      koreksinya ya kalau masih ada yg belum tepat..

  40. nabila says:

    pa. gmna caranya menghitung sales progress akumulasi, untuk
    bulan pertama 35.900.000,
    bulan kedua 58.950.000
    bln1/bln2 x 100 % =… %??

    • rumus hitung says:

      sales progress = kenaikan penjualan ya.. :D
      kalau begitu % sales progress = [58.950.000-35.900.000]/35.900.000 x 100% = 64,2 %

      mohon koreksinya jika ada yang kurang pas

  41. ruslan says:

    5×6=30 ya gan,kalo 5/6 dari 30 itu berapa gan

    • rumus hitung says:

      5/6 dari 30 = 25 gan

      • amel says:

        tlg di bantu yaa ,,,
        gimana yaa nyelesain soal persentase yg kayag gini ..
        misalkan dlm satu hari seseorang bisa mencapai target 80% , kadang-kadang 70% , setiiap harii itu targetnya gag tetap , sampeg 1 bln penuh kayak gitu …
        terus gimana cara menghitung total persentase dlm satu bln itu …
        rumus nya kayak mana yaa ,, mencarii hasil akhir keseluruhan dlm satu bln itu dlm bentuk persen nya ,.
        makasiih

        • rumus hitung says:

          total persentase setiap bulannya sama dengan jumlah presentase harian totol selam 1 bulan dibagi 3000% kali 100%
          ini asumsi 1 bulan = 30 hari.. yang belum jelas adalah detail % pencapaian tiap harinya, kadang 80% kadand 70%. Ngga ada data lengkapnya selam 30 hari ya mb amel?

  42. amel says:

    tlg di bantu yaa ,,,
    gimana yaa nyelesain soal persentase yg kayag gini ..
    misalkan dlm satu hari seseorang bisa mencapai target 80% , kadang-kadang 70% , setiiap harii itu targetnya gag tetap , sampeg 1 bln penuh kayak gitu …
    terus gimana cara menghitung total persentase dlm satu bln itu …
    rumus nya kayak mana yaa ,, mencarii hasil akhir keseluruhan dlm satu bln itu dlm bentuk persen nya ,.
    makasiih

  43. ken says:

    gan mau tnya nih.,, soal : bemo A punya target 100000 setiap hari. si bemo punya penghasilan 20000. rumus menghitung persentase pendapatan gmn gan?

  44. Mey says:

    kalo mau itung price list yg dtambah 10% lwt excel gmn kaka? Contoh price dasarx 70000,kalo ngitungx lwat excel gmn?

  45. anto says:

    Pak tolong dibantu hitungkan, Kenaikan harga bahan bakar 23% . Bahan bakar mempunyai porsi 40% Dr yg jual 43000. Brp Jual yg baru sesudah kenaikan bhn bakar

  46. @ aziz.com says:

    om saya maunanya 10% dari 2.258.500 berapa om

  47. filter air says:

    gan mau tanya nih
    harga awal 19.000.000 mau ditambahin 20% trus harganya jadi berapa ya?
    thanks

  48. rama says:

    Cari angka awal dan angka pengurang dari hasil akhir 7.000.000 dan persennya 30%
    Mohon bantuannya

    • rama says:

      Sudah ketemu
      7.000.000×100/(100-30)=10.000.000 << angka awal
      10.000.000×30/100= 3.000.000 << angka pengurang

  49. indra says:

    wah sngat bermanfaat gan…

  50. akang says:

    nuhun kang, merdeka

  51. ezy says:

    mlm min,,q mau nanya nich,,
    misalnya ada soal untuk bulan januari 512 buah, bulan februari 300 buah, berapa persen penurunannya ??
    makasih min :)
    mohon dibalas sekarang ya min :)

  52. Quev says:

    Saya mau tanya, jika barang A seharga 9.850.000, barang B 5.600.500=15.450.500, jika ada potongan harga sebesar 3.250.000
    Maka total DPP=12.200.500 # PPN=1.220.050.
    Pertanyaannya, bagaimana cara penghitung harga saolong tuan barangnya?
    Tolong dijawab, dari tadi siang pena,penasaran sekali, udah pernah belajar, tap lupa.
    Thanks

  53. bedjuno says:

    Salam kenal sebelumnya Pak,
    saya mau tanya presentase tingkat pengembalian dari tahun ke tahun untuk pembayaran premi asuransi. misalnya : pembayaran premi ditahun pertama 10,010,250 menghasilkan nilai tunai yang dijamin (pengembalian premi) 5,906,250, tahun kedua dengan pembayaran premi yang sama nilai tunai (pengembalian premi) yang dijamin meningkat menjadi 12,291,750. berapa total presentase nilai tunai (pengembalian premi) di tahun kedua? Terima kasih

  54. WIDODO says:

    pak mau tanya kalau rumus perhitungan 10% bagaimana contoh saya mau bayar sewa mobil dgn harga 5.000.000 tapi terkena biaya pph 10% itu bagaimana cara menghitungnya terima kasih

    • rumus hitung says:

      iya mas klo jasa kena PPh pasal 4(2) kalo ngga salah. Tinggal dipotong saja langusng dari 5.000.000 tersebut sebesar 10 persennya (500.000). :D

  55. syifa says:

    mau nanya dong . pak sadewa menjual motornya yang tkah dipakai slama 5 thun seharga Rp 11.760.000,00 .
    dari hasil penjualan trsebut ia rugi 16% dari harga pembelian.hitunglah pembelian motor tersebut

    ni gimana cara ngitunnya?
    tlg bantu ya

    • rumus hitung says:

      cara cepatnya mb, 11.760.000 itu sama dengan 84% (100-16). Jika ditanya harga pembelian (100%) bisa diitung

      100%/84% x 11.760.000 = Rp14.000.000 atau 14 juta rupiah

  56. eko Dj says:

    Bpak Rumus Hitung

    saya masih tidak mudeng dengan
    120,000,000 di tambah 50% jadi berapa
    dan
    180,000,000 di potong 50% jadi berapa

    dan masing masing rumusnya bagaimana

    lieuuur uueeii

    :)

  57. Mayo says:

    halo mas :)

    bagaimana cara menghitung tambahan persen.

    Misalnya,,
    Saya beli baju seharga Rp 90.000 (di tag baju tersebut tertulis Sudah di diskon 70%)
    bagaimana caranya mengetahui harga awal baju tersebut bila belum di diskon.

    • rumus hitung says:

      caranya cukup mudah mb… harga awal kan 100%, jadi tinggal 100%/70% x 90.000 = Rp128.571
      semoga bermanfaat…

  58. yudhi says:

    Mhn bertanya kalau harga sewa alat berat 24.000 perbulan dgn kurs dollars 9900 kalau dollars jadi 11.000 berapa persen kenaikan harga sewa nya trima kasih banyak

    • rumus hitung says:

      harga sewa sebelum kurs naik = 24.000 x 9900 = 237.600.000
      harga sewa setelah kur naik = 24.000 x 11.000 = 262.000.000

      persentase kenaikan = [262.000.000-237.600.000]/ 237.600.000 x 100% = 10,27%

  59. Dwi says:

    Rumus Ke MS.Excel

    Bagaimana Rumusnya 432.000 – 15% = 376.200

  60. Yuli says:

    Pak mau tanya,

    Jika Harga 135.000 itu 70%
    Maka 100% nya harga nya berapa?
    Mohon bantuannya Pak.
    Terima kasih.

  61. Sunbi Gusmin says:

    Halo, tolong dibantu.
    Saya punya harga modal Rp.16.000,- dan saya mau untung 50% dari harga itu. Tapi saya harus memberikan potongan discount 30% ke pelanggan saya. Jd harga yang harus saya berikan sebelum potongan discount 30% berapa ya?

    • rumus hitung says:

      berarti mas… 70 % (100%-30%) dari harga jual adalah 150 % dari harga beli mas gusmin, kemudian kita akan mencari harga jualnya

      70%x harga jual = 150% x haga beli
      70% harga jual = 150 % x 16.000
      70% harga jual = 24.000
      harga jual = 24.000 / 70% = 34.286
      mohon koreksinya yang lain jika ada yang kurang pas..

  62. Ulung says:

    saya punya rumah seharga 200.000.000
    untuk menarik minat pembeli, rencananya saya akan naikan dulu harganya, kemudian akan saya discount 10% sehingga harga akhir akan tetap di angka 200.000.000
    berapa persen saya naikan harga supaya tetap balance ke harga dasar.
    terimakasih

    • rumus hitung says:

      harga rumah awal = 200.000.000
      yang mas ulung inginkan

      harga jual – 10%*harga jual = 200.000.000
      90 % harga jual = 200.000.000
      harga jual = 222.222.222

      kalau ditanya berapa persen harga dinaikkan maka
      =(222.222.222-200.000.000)/200.000.000 x 100% = 11,11%

  63. Dewi Mujiono says:

    .kalo menghitung persen dari progres penjualan 5 bulan terturut2 gmn?, bulan pertama 200.000, bulan kedua 216.000, bulan ketiga 309.000, bulan keempat 345.000, dan bulan kelima 410.000?

    • rumus hitung says:

      progress penjualan suatu bulan di dasarkan pada bulan sebelumnya. Misal progress bulan kedua = (216.000-200.000)/200.000 = 8% (progress) demikian juga untuk bulan-bulan berikutnya menggunakan cara yang sama..

  64. Sunbi Gusmin says:

    Saya mau bertanya lagi. Saya punya konsumen punya utang Rp.16.000,- sedangkan dia hanya membayar Rp.1.200,-. Yg jadi pertanyaan saya, konsumen saya sudah bayar berapa persen & masih kurang berapa persen?

    • Sunbi Gusmin says:

      Maaf, pertanyaan yang di atas saya koreksi.
      Saya mau bertanya lagi. Saya punya konsumen punya utang Rp.16.000,- sedangkan dia hanya membayar Rp.1.200,-. sedangkan saya mengambil keuntungan 30%. jadi pertanyaan saya, konsumen saya sudah bayar berapa persen dari keuntungan saya & berapa persen yang belum belum terbayar?

  65. AnugrahUga says:

    Mas kalau mau menetapkan persentasi responden gimana?
    Misalnya suatu pertanyaan mmpunyai 5 opsi.
    Dari 100 responden diketahui:
    Pilihan A: 75
    Pilihan B: 50
    Pilihan C: 35
    Pilihan D: 88
    Pilihan E: 15
    *NB: setiap responden diperbolehkan untuk memilih lebih dari 1 opsi.

    • rumus hitung says:

      yang ditanyakan presentasi responden? atau presentasi jawaban responden mas (pilihan A, pilihan B, Pilihan C, dst)?

      • AnugrahUga says:

        Jadi, misalnya respondenx ada 100 org, tapi setiap responden boleh memlih >=1 (misalnya 1 responden memilih jawaban A, C, dan E)
        Jadi, untuk menghitung persentasi jawaban berdasarkan respondennya bagaimana?
        Apakah saya harus mengakumulasikan semua jumlah jawaban dan d hitung seperti pencarian perssentasi biasa atau ada rumus tersendiri untuk masalah spt ini?

  66. Sunbi Gusmin says:

    Saya mau bertanya lagi. Saya punya konsumen punya utang Rp.16.000,- sedangkan dia hanya membayar Rp.1.200,-. sedangkan saya mengambil keuntungan 30%. jadi pertanyaan saya, konsumen saya sudah bayar berapa persen dari keuntungan saya & berapa persen yang belum belum terbayar?

    • rumus hitung says:

      kalau utang 16.000 baru dibayar akrual 1.200 belum ada keuntungan yang diperoleh, balik pokokpun belum mas… hehehe :D

  67. h4md4n says:

    admin, misal kita mau menentukan persentasi keuntungan dari laba yang kita peroleh apakah ditentukan dari laba terhadap omset, ataukan terhadap harga dasar (modal) untuk memperoleh barang tersebut.
    contoh:
    omset penjualan kita 20 juta dan harga harga barang yang kita beli 18 juta, berarti perhitungan persentasi labanya apakah:
    a. (20 juta-18 juta)/20 juta * 100 % = 10% ,ataukah
    b. (20 juta-18 juta)/18 juta * 100 % = 11,11%
    Disini saya lebih memilih yang b karena yang menjadi penentukan laba (sebesar 2 juta) bukankah dari ketika kita akan menjual barang tersebut.
    atas penjelasannya saya sampaikan terima kasih.

    • rumus hitung says:

      kalau kami juga memilih B .. tapi kadang dalam laporan keuangan banyak rasio-rasio yang saya kurang tahu mb… mungkin “rasio laba” terhadap omzet juga ada dengan tujuan untuk penilaian tertentu. Kalau definisi “persentase laba” saja mengacunya pada laba per haga barang jadi atau harga dasar… :D

  68. *Rahma says:

    Soleh mengajukan kredit ke bank A sebesar Rp.20.000.000 dgn jatuh tempo 2 tahun.bang memotong untuk bunga yg dibayar dimuka sebesar Rp.2.500.000,biaya notaris Rp.800.000 dan biaya asuransi serta administrasi masing2 sebesar Rp.250.000. Dari uang yg didapat soleh dalam kenyataannya dia dikenakan potongan biaya bunga sebesar ?

  69. augusto says:

    Mas, bila harga penawaran 1.040.000 telah dipotong 20%. berapa harga sebelum ada potongan. tks

  70. zed says:

    Saya mau beli barang,harga nya 7000000 dan saya kasih DP 2000000.ansurannya saya bayar 542000 per bulan salama 1 th…yg mau saya tanyakan berapa persen saya di kenakan bunganya…???

    • rumus hitung says:

      total yang belum dibayar = 5.000.000
      jumlah yang dibayar = 542.000 x 12 = 6.504.000
      bunga = 6.504.000 – 5.000.000 = 1.504.000
      presentase bunga = 1.504.000/5.000.000 x 100% = 30,08 %

  71. Emily says:

    Mohon bantuannya untuk pertanyaan saya,

    1. Didalam suatu formula minuman serbuk /100kg digunakan gula 0.563 kg. Maka % gula dalam formula tsb adalah 0.563%
    (0.563/100 x 100% = 0.563%)
    pertanyaan :
    a.apakah cara perhitungan sudah benar?
    b.apakah harus dihitung dahulu pemakaian gula / kg formula (konversi formula dari 100kg menjadi /kg)? sehingga pemakaian gula /kg formula sirup adalah 0.00563%

    2. Apabila akan dikonsumsi, maka untuk mendapatkan 100 ml minuman harus dilarutkan 18.52g serbuk minuman.
    pertanyaan:
    Berapakah jumlah gula didalam 100ml minuman tsb. Apabila jumlah gula yang diinginkan adalah dalam satuan mg.

    Terima kasih

  72. SORA says:

    mas,

    Mau Tanyaa mas kalo misalnya 18.000.000 ituu berapa persennya dari 363.000.000 ?

    Rumus cara menghitungnya gimana yah mas?

    Thanky youu

  73. andre says:

    Om sy mou tny,tmen syy beli brng sharga 800.000 mau d kriditin 50% k untungan dr hrg beli, dngan DP200.000,yang sy tnyakan brapa storan per minggunya dan brp minggu wkt yg d perlukan, tlong bntuanya

    • rumus hitung says:

      jumlah utang = 800.000 – 200.000 = 600.000
      jumlah utang + bunga = 600.000 + (50%*600.000) = 900.000
      wah untuk jumlah setoran akant tergantung dengan lamanya
      dan sebaliknya mas lama angsuran akan tergantung jumlah angsuran.. hehehhe..

  74. doni says:

    mau tanya, kalau ada soal seperti ini:
    3.547.600
    72.400 (ditambah)
    3.620.000 (ini hasilnya)

    pertanyaannya, kalau saya cuma punya data 3.547.600 SAJA dan mengetahui bahwa nominal 72.400 merupakan hasil dari 3.620.000 x 2%. itu bagaimana yah saya bisa mendapat nominal 72.400 tanpa mengetahui nominal hasil akhir 3.620.000 ???? Yang saya tahu hanya pasti 2 % dari hasil akhir

    kesulitan saya mencari jawaban ini…. terima kasih
    MOHON DIBALAS SECEPATNYA.. :D

    • rumus hitung says:

      kata kuncinya ada di penambahannnya = 2% dari hasil akhir, kita misalkan penambahannya x dan hasil akhir y, sehingga x = 2% y

      3.547.600 + x = y
      3.547.600 + 2% y = y
      3.547.600 = y – 2% y
      3.547.600 = 98% y
      y = 3.547.600 / 98%
      untuk cari x kan = 2% y
      x = 2% (3.547.600 / 98%) = 3.547.600 / 49 = 72.400

      semoga bermanfaat :D

  75. ahmad says:

    bos mau nanya cara menghitung kenaikan harga, harga lama 14,600, harga baru 15,800, berapa persen kenaikan harganya. terima kasih banyak…

    • rumus hitung says:

      harga lama = 14.600
      harga baru = 15.800
      kenaikan harga = 1.200
      persentase kenaikan = 1.200/14.600 x 100% = 8,22 %
      Silahkan kak ahmad jika masih ada yang belum jelas bisa ditanyakan lagi..

      • danil says:

        mas mau nanya
        seseorang membeli barang seharga rp 125.000,00.tetapi ketika di jual kembali dia menderita kerugian sebesar 7,5%.berapakah harga penjualannya?
        tolong dong di jawab beserta caranya kalau bisa di kirim jawabannya lewat facebook danielsihombing41@yahoo.co.id lewat chat soalnya jarang make komputer jadi kalo lewat facebook bisa buka lewat hp :)

        • rumus hitung says:

          harga beli 125.000 dijual rugi 7,5%, berarti barang tersebut dijual seharga 92,5% dari harga beli..
          harga jualnya = 92,5% x 125.000 = 115.625

          emailnya sudah kami kirim kak danil

  76. risgi says:

    saya mau bertanya apabila periode pengumpulan hutang 60 hari, agar angka 60 hari jadi persentase, caranya bagaimana?

  77. risgi says:

    oia 1 tahun=365 hari… terimakasih

  78. Azam says:

    Min mau tanya, harga suatu sepeda dinaikan 20% dari harga sebelumnya, persentase penurunan harga agar harga sepeda kembali seperti semula berapa ya min? Mohon dijelaskan stepnya. Makasih.

    • rumus hitung says:

      misal harga sebelum dinaikkan adalah a, setelah dinaikkan menjadi a + 20% a = 120% a
      jika harga kemudian kembali ke a (100% a) maka penurunannya adalah 20% a..
      persentase penurunannya dari harga setelah naik = 20%/120% x 100% = 16,67%
      mohona koreksinya kalau ada yang salah

  79. Billie says:

    Saya ingin bertanya : pembelian 2 buku Rp 76.800,00. Buku dijual eceran dgn harga Rp4000 tiap buah, berapa hitung persentasenya?

  80. udin says:

    Diketahui 95% = 4500, brp 5% nya?? Rumus hitung dan caranya gimana?? Thanks

  81. NOOR says:

    jika nilai persentase bikin rumah1,5 lantai(150m2) nilai Total Boronganjasa+material): 288juta. sekarang yang diterima pemborong 150 juta. mestinya rumah saya sdh jadi 50%. yang saya bingung dikatakan 50% rumah seperti apa ? dihitung apa yg sdh dikerjakan ternyata tdk sama? mohon bantu, saya dengar standar bangunan/infrastruktur dari BPK ada? bagaimana dari segi pandangan anda?
    terima kasih

  82. Tria says:

    Gan, saya mau tanya, Jika usaha bagi hasil keuntungan si A dapat 75% dan si B dapat 25%, kemudian dari keuntungan si A di bagi lagi si A1 dapat 60% dan A2 dapat 15%, pertanyaanya berapa persen yang di dapat A2 dari total 75% tersebut?

    • rumus hitung says:

      ijin kak tria kalau keuntungan si A dibagi ke si A1 60% dan si A2 15%, kemana yang 25%? kalau ditanya berapa persen yang di dapat a2 dari 75% ya tetap 15% nya..

  83. fira says:

    bagas membeli sepeda motor bekas seharga 4000.000,setelah diperbaiki motor dijual dengan harga 5.250.000 jika biaya perbaikan 150.000 persentasi keuntungan yg di dapat adalah??
    bagaimana cara mencarinya?
    bls cepat

    • rumus hitung says:

      total keuntungan adalah selisih harga jual dengan harga beli dikurangai dengan biaya perbaikan
      keuntungan = 1.250.000-150.000 = 1.100.000
      persentase keuntungan = 1.100.000/4.000.000 x 100% = 27,5%

  84. Roni says:

    Mau Nanya, diketahui :
    Harga Eceran Tertinggi (HET) = Rp 60.000
    Modal Rp 20.000
    kalau seorang pedagang menjual dengan harga Rp 25.000 berapa persenkah discount barang yang di jual ?
    atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

    • rumus hitung says:

      jika harga jual sebelum diskon adalah HET, maka diskon yang diberikan
      = 60.000-25.000/60.000 x 100% = 35.000/60.000 x 100% = 7/12 x 100% = 58,333%

  85. guh ip says:

    6,5 berapa persen dari 6?

  86. reygha says:

    makasih ea mas

  87. cinoy says:

    happy new year 2014 buat mas bro…Moga Sukses selalu
    langsung ke intinya ya gan ane ada kesulitan rumus mencari modal dasar.
    Permasalahan Or Sample

    Ane dikasih modal 20000 dapat persen 20% = 24000

    Pertanyaannya berapa modal awal dari 20000
    dan berapa persen selesih pendapatan persen sebelum 20%.
    Trims mas bro

    • rumus hitung says:

      wah selamat tahun baru juga kak cinoy.. tapi maaf ane ngga begitu paham dengan pertanyaannya.. bisa tolong di perjelas lagi…..

  88. cool says:

    Maaf mau tanya sy ada uang Rp. 1.016.000 itu 37% trs ada peningkatan 20% tlg di bantu berapa jml akhirnya terus 1% nya itu brp terima kasih

  89. adi neon says:

    selamat malam, mau tanya nih…
    misal modal dagang 300.000
    terus total nilai penjualan 600.000
    itu sebener nya laba yang di peroleh 100% atau 50% ya. tolong di jawab.

    • rumus hitung says:

      laba = harga jual – modal = 600.000 – 300.000 = 300.000
      persentase laba dihitung dari modal
      300.000/300.000 x 100% = 100% semoga bermanfaat kak adi

  90. ipe says:

    Apabila kita ditarget akan rugi (Rp 50.000.000) tetapi ternyata hasilnya kita hanya rugi (Rp 20.000.000) Berapa persentase pencapaiannya target kita? Bagaimana cara menghitungnya.

    Terimakasih

    • rumus hitung says:

      target tercapai.. klo ditanya persentase masih aga membingungkan kak hehehe … klo awalnya ditarget rugi 5000 kemudian klo ternyata cuma rugi 2000..
      bisa kita misalkan
      target penjualan = x – 5000
      realisasi = x – 2000
      persentase = x-2000 – (x-5000) / x – 5000 dikali 100%
      = 3000/x-5000 x 100%

  91. ihsani wulandari says:

    mau tanya 20%uang budi dibekanjakan,sisanya Rp.360.000,maka uang budi semula adalah….
    makasih

    • rumus hitung says:

      setelah dibelanjakan 20% maka sisanya adalah 80% senilai 360.000
      jika ditanya awal bararti ditanya 100%

      = 100%/80% x 360.000 = 5/4 x 360.000 = 5 x 90.000 = 450.000

  92. aya says:

    kak klu 25% dari 6 lusin + 12 1/2% dari 1 gros itu gimana ka hitungnya

    • rumus hitung says:

      1 lusin = 12 buah
      1 gros = 144 buah
      25 % x 6 x 12 = 18 buah
      12,5 % x 144 = 1/8 x 144 = 18 buah
      jadi totalnya ada 36 buah, semoga membantu

  93. qayyum says:

    gan kalu soalnya begini harga awal 15000bulan depan jadi 20000 jdi kenaikannya berapa persen ya

  94. androo says:

    jika berat awalnya x, kmudian berat akhirnya Y,,berapa persen pengurangan beratnya?

  95. enda says:

    Saya mau tanya harga modal 15.000 + 30% = 19.500 , dan 19,500 – 30% = 13,650
    Saya bingung…,mohon penjelasan nya kok bisa gitu

  96. enda says:

    Gan mau nanya
    Saya jual brng modalnya 15,000 Trus saya tambahkan 30% jadi 19.500 supaya saya untung,tapi ternyata brng ny gk laku,jadi saya diskon lagi 30%,tapi hasilnya 13.650 . kenapa bisa begitu? Kok hasilnya bukan 15.000 ? Mohon jawaban nya, balas di email saya aja, trima kasih

    Yuwanda.fte@gmail.com

    • rumus hitung says:

      kak enda, diskon yang 30% itu dari 19.500 bukan dari 15.000 lagi (diskon biasanya berupa persentase dari harga jual)

      diskon = 30% x 19.500 = 5.850

      jadi ketemu harga setelah diskon = 19.500 -5.850 = 13.650

  97. dewa says:

    gaji ayah rp1.500.000,00 atau 68% digunakan untuk keperluan keluarga. berapabesar gaji ayah

    • rumus hitung says:

      mohon diperjelas soalnya kak dewa… kalau soalnya sperti itu gaji ayah 1.500.000, 1.500.000 itu gaji ayah atau yang dipakai untuk keperluan keluarga?

  98. mentari says:

    pak mau tanya kalao 6/10 itu kan = 6%
    nah,kalau 6 itu brpa persen ya?

  99. ilan says:

    pak, saya mohon jawaban atas pertanyaan sbb : saya hendak mencari angka prosentase dari siswa restensi dan siswa baru di lingkungan kerja saya. misalkan pada Term I jumlah siswa lama dan baru adalah 3.664 siswa (sudah termasuk siswa baru sebanyak 585 siswa) dan di term selanjutnya yaitu TERM II jumlah siswa adalah 3.667 (termasuk siswa baru TERM II sebanyak 694 siswa) maka yang hendak saya tanyakan berapa persen siswa lama yang masih bertahan di TERM II ? dan berapa persen siswa baru yang masuk ?? Terima Kasih atas jawaban yang diberikan

  100. Karim says:

    Pak mohon dibantu. Bagemana cara menghitung prosentase pencapaian target rugi suatu perusahaan (tentunya dengan banyak pertimbangan dari manejemen) jika :
    1. Jumlah target rugi yang diberikan minusnya lebih besar dari jumlah pencapaian (misal jumlah target yang diberikan Rp -10.000.- sementara pencapaiannya Rp -9.000.-)
    2. Jumlah target rugi yang diberikan minusnya lebih kecil dari jumlah pencapaian (misal jumlah terget yang diberikan Rp -9.000.- semnetara pencapaiannya Rp -10.000.-). Trims.

    • Karim says:

      Apakah ada perbedaan cara penghitungan prosentase pencapaian dari target laba/rugi minus dengan tidak minus. Trims.

  101. FX says:

    Mas tanya : dari 350.000 naik mjd 350.012 , berarti naik berapa persen ??, dan bagaimana menghitungnya ??

  102. eva says:

    kak, tolong kasih contoh menghitung presentasi kehadiran siswa, dung….
    makasih.
    ditunggu jawabannya..

  103. nurman says:

    Jika harga tonase Rp 3.7x 200 ton. Jika harga naik jd rp 4.7 berapa % kah kenaikannya? Mohon di bantu ya mas

    • rumus hitung says:

      mohonn maaf kak nurman maksudnya harga Rp.3.7 x 200 ton itu apa ya? apa harganya 3,7 rupiah perkilogram dan jumlah barangnya 200 ton?

  104. alfian says:

    anwar membeli 2 lusin pensil dengan harga 8.000 kemudian di jual dengan harga 300 per pensilnya peresentase yang di derita anwar adalah ????? please gua profesor tapi belumbisa kayak gini

    • rumus hitung says:

      2 lusin = 24 biji.. harganya 800, harga per bijinya =8000/24 = 1000/3 = 333 1/3
      jika dijual 300 maka ruginya 33,3333.. atau 33 1/3 atau 100/3
      persentase kerugian = 100/3 : 1000/3 x 100% = 100/3 x 3/1000 x 100% = 10% jadi anwar menderita kerugian sebesar 10%

  105. Andro says:

    Maap soal sebelumnya salah
    Mohon bantuannya..
    Harga sepeda bekas adalah Rp.250.000, kemudian si pembeli memperbaiki dengan biaya Rp.50.000 kemudian dijual dengan untung 33,33% …harga penjualan = Rp400.000(hasilnya )
    Tolong kasih tau jalannya

    • rumus hitung says:

      oh …. kalau barang dijual untung 33,33% itu sama kaya untung 1/3 nya…

      biaya yang dikeluarkan = 100% = 1 = 300.000
      untung yand diinginkan 33,33% jadi harga jualnya = 133,33% atau 4/3

      jadi harga jualnya (4/3)/1 x 300.000 = 400.000

      :D

  106. Ari says:

    thx bro tugas gua selesai juga akhirnya

  107. Ari says:

    kalo ada soal

    jumlah siswa kelas 5 adalah 36 anak. jikabanyaknya siswa yang tidak masuk adalah 4 anak, maka tentukan persentase siswa yang hadir

  108. beny says:

    ada emas beratnya 200 gr kadar 80% dan 90 gr kadar 95%. Jumlah 290 gr jadi berapa persen semua. Trims

    • rumus hitung says:

      gram emas total = (80% x 200) + (95% x 90) = 160 + 85,5 = 245,5

      persen semua = 245,5/290 x 100% = 84,65%

  109. Firman says:

    Mohon Bantuannya Ka!

    Sebuah Perusahaan, 50% Karyawannya Tidak Lulus SMA, 70% berasal dari desa, dan 25% Tidak lulus SMA dan berasal dari desan, berapa ..% kah yang lulus sma dan tidak bersal dari desa?

  110. sholehah says:

    Saya mau jual barang..harga awal belinya 160.000 , klo 30% nya jd berapa?

  111. dedi synade says:

    Mas, dari atas saya nyimak gak ngerti2 cara menghitungnya. Blh minta penjabarannya dong mas. Klo misalkan ada uang 300.000.000, dan saya mendapatkan 2,5% = brp total yg saya dapat gan?. Klo bisa di jelaskan secara panjang lebar cara perhitungannya

    • rumus hitung says:

      mohon maaf kak dedy maksud 2,5% itu apa ya.. apa kak dedy dapat uang (fee) sebesar 2,5% dari 300.000.000 gitu ya?

  112. bima says:

    Pak Dadang menjual sepatu seharga Rp. 150.000,- dan memperoleh
    laba 20% dari
    harga beli. Berapakah harga beli sepatu tersebut?

  113. Ismet says:

    kalu yang ini gimana yah ?

    Budi bertekad menyediakan waktu lebih banyak untuk belajar. Dengan mengurangi waktu bermain, Budi berhasil mengurangi pemakaian waktunya sebanyak 20%. Karena merasa masih kurang waktu untuk belajar, Budi mengurangi waktu menonton TV dan berhasil mengurangi pemakaian waktunya sebanyak 25% lagi. Karena sudah dekat waktu ujian, Budi memutuskan untuk mengurangi waktu tidurnya, dan berhasil mengurangi 30% dari pemakaian waktunya. Persentase keseluruhan waktu yang dikurangi Budi adalah…

    • rumus hitung says:

      jumlah persentase waktu yang dikurangi = [(20%x wkt bermain) + (25% x wkt nonton tv) + (30% x wkt tidur)]/24 x 100% dari 24 jam dalam sehari

  114. ucy says:

    Saya ada petyanyaan mohon. Dibantu ya….
    Kenaikan laba prusahaan microsoft dari tahun ke tahundi sajikan . Sbb; th 2010 sebesar 12%….th 2012 meningkat menjadi 30 %….th 2013 mendapat laba 20%… Brapa laba yg diperoleh di th 2014??

  115. Q-Q says:

    kak, mau nanya,
    kalo soal : berapa persen 14% dari 23% ?
    cara jawabnya gimana ya? makasi sebelumnya

  116. ratmina says:

    Kak, Mau nanya nih..,,,

    sebuah mesin cuci mengalami penurunan harga secara berturut-turut 40% dan 20%. berapa penurunan otal harga mesin cuci tersebut

    • rumus hitung says:

      kita misalkan harga awal adalah a (100%)

      penurunan 40% berarti harga setelah penurunan tersebut adalah 100% – 40 % = 60 %

      penurunan 20% –> 20% x 60 % = 12%

      jadi harga setelah penurunan 2 kali adalah 60% – 12 % = 48% dari harga semula..

  117. Anton says:

    Haloo
    Saya mau nanya ya…..
    Berat awal 5,6 kg….trus ditambah air 0,4 kg…jadinya 6 kg
    Gimana cara itung persentase brp air ygditambah….
    Makasih

    • rumus hitung says:

      kak anton itu jawabannya bisa dua.. persentase air dibanding dengan berat awal atau dibanding berat total

      Jika dibanding dengan berat awal maka
      = 0,4/5,6 x 100% = 7,43%

      Jika dibanding denganb berat total
      = 0,4/6 x 100% = 6,67%

  118. ratmina says:

    Mau Nambah Pertanyaan Nih,,,

    seorang direktur berencana untuk menghasilkan keuntungan setelah pajak pada tahun 2014 sebesar 30% dari penjualan. jika besarnya pajak adalah 20% dari keuntungan sebelum pajak dan semua biaya sebesar rp. 500 juta berapa minimal penjualan yang harus dicapai untuk memperoleh keuntungan seperti yang direncanakan,,,,,

    a. Rp. 1.6 milyar b. 1.5 Milyar c. 1.2 milyar
    c. 1 milyar e. 800 juta

    mohon di bantu yaaa
    terima kasih

  119. Iwan says:

    Pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan membuat saya berpikir mengenai kualitas pendidikan di negeri kita :)

  120. Roberto says:

    Mau sekedar bertanya bung..

    Contoh : Saya Mengikuti pertandingan Volley , 28 kali kemenangan dan 8 kali berujung kekalahan..

    nah tingkat keberhasilan saya selama mengikuti pertandingan Volley berapa ya, kalau dilihat dalam skala 1 – 10

    • rumus hitung says:

      tingkat keberhasilan = 8/28 x 10 = 28,57% kalau dibuat dalam skala 1-10
      1 –> 0%
      10 –> 100%

      = 28,57% x 9 = 2,57 dari 10.. mohon koreksinya yang lain jika ada yang kurang pas.. masih aga bingung karena skalanya 1-10 bukan 0-10

  121. ronny says:

    sy mau nanya mas
    sy memborong suatu pekerjaan dgn status sub kontrak dari salah seorg kontraktor yg besaran prosentase pekerjaan yg sy sub dari kontraktor tersebut adalah 56,4% dari total 100% pekerjaan kontraktor tsbt, nah yg ingin sy tanyakan bgmn cara sy menghitung prosentase perolehan progres pekerjaan sy yg seharusnya 25% dari 56,4% pekerjaan yg sy sub tsbt, sementara telah diketahui bhw hasil yg sdh sy capai adlh 7,5% dari 100% pekerjaan kontraktor tsbt.? mohon di bantu, trims..

    Nb.dgn kata lain pertanyaannya adlh:jika 7,5% dari 100% berarti brp% yg sdh sy capai jika 56,4% itu asumsinya adalah 100%. ? trims sebelumnya!!

    • rumus hitung says:

      kalau menurut saya kak..
      intinya kalau hasil yang sudah dicapai 7,5 % dari skala 100%, maka berapa persen jika skalanya 56,4%

      = 7,5%/100% x 56,4% = 4,23%

      mohon maaf saya masih kurang paham dengan adanya kalimat “cara sy menghitung prosentase perolehan progres pekerjaan sy yg seharusnya 25% dari 56,4% pekerjaan yg sy sub tsbt” itu maksudnya target ya kak…

  122. fitrotika says:

    tolong dibantu ya min

    ada artikel spt ini:
    pada kuartal pertama 2013 tumbuh 22% menjadi Rp 2,6 triliun (2012: Rp 2,1 triliun) berkontribusi 26% dari total pertumbuhan pendapatan premi sebesar Rp 5,5 triliun.
    itu 22% nya dpt drimana ya?
    terimakasih

    • rumus hitung says:

      dari (2,6-2,1)/2,1 x 100% = 0.5 / 2,1 x 100% = 23,8% tapi kok itu keluarnya 22 persen ya kak… harusnya 23,8%..

      mohon koreksinya yang lain jika ada yang kurang pas…

  123. depot says:

    saya bisa jual mobil teman seharga Rp. 59 juta, sudah termasuk 5% komisi saya di dalamnya. Berapa real rupiah yang saya dapatkan, cara ngitungnya gmn ya? Tks

    • rumus hitung says:

      kalau komisi dianggap sebagai 5% dari harga jual dari temen kakak maka

      total 59 juta itu adalah harga jual dari temem kakak + komisi 5 % dari harga tersebut
      besarnya komisi yang kakak terima

      5%/105% x 59.000.000 = 2.809.523

  124. Komang says:

    Jumlah siswa 78 yang hadir 13 orang berapa persenkah yang hadir

  125. Widagda says:

    Rugi sebuah perusahaan pada bulan juli sebesar 25 juta. Berapa persen capaian tersebut dibandingkan dengan target perusahaan yang jumlahnya adalah rugi 125 juta.
    Bagaimana cara menghitungnya..?

  126. Dona desa says:

    Mw tanya dong,
    30 manik manik dari 75 rusak dan 50 mangga dari 65 busuk berapa persentase masing masing nya?

  127. Faisal says:

    ka kalo ada soal seperti ini gimana nyelesainnya ya
    Rp.91.784.390,bunganya 20% jadi berapa

  128. buel says:

    mas tolong hitungin donk
    jika margin : 35%
    PPn : 10%
    HNA obat : 3500
    jumlah obat 10 tablet

    berapa kah harganya ?
    dengan rumus : (HNA + Margin + PPN )x jumlah obat

  129. Raras says:

    Harga semula 10.000 naik menjadi 15.000, kenaikannya berapa persen?

  130. endah says:

    tlg bantua jwb nya:
    1.hadi punya buku 150 eksemplar..dijual laku 120 eksemplar,berapa persen yg terjual?
    2.ayah punya burung 200 ekor,beli lg 160 ekor,brp persen burung yg di beli ayah jika dibandingkan dengan jumlah burung yg dimiliki sebelumnya?

  131. dimas says:

    kalau saya menjual barang, saya mendapat 1500, lalu pembeli di kenai fee dengan membayar 1750, berapa presentasi fee tsb?

  132. nana says:

    pulsa handphone mamat tersisa RP.5000,dan ia membutuhkan seperdelapan dari jumlah pulsa yang dimilikinya tersebut untuk mengirim 5 sms,jika mamat ingin mengirim 50 sms , maka jumlah pulsa yang harus ia tambahkan agar maksutnya dapat terlaksana

    • rumus hitung says:

      pulsa yang diperlukan untuk mengirim 50 sms = 10 x 1/8 x 5000 = 50.000/8 = 25.000/4 = 6.250
      jumlah pulsa yang harus ditambahkan = 1.250 rupiah..

  133. sari says:

    minta tolong dibantu jawab ya mas..

    1) amplop surat dapat dibeli dengan harga Rp.15.000,- untuk satu kotak yang berjumlah 100 amplop, Rp.10.000 untuk satu kotak yang berjumlah 50 amplop, atau Rp.300,00 per amplop.Berapakah jumlah terbanyak amplop yang dapat dibeli dengan uang sebanyak Rp.73.000,00

    2)arjuna ingin mengganti lantai kamar mandinnya yang berukuran 4×4 m.Apabila ia hendak menggantinya dengan ubin yang berukuran 10×10 cm,Berapa jumlah ubin yang diperlukan?

    • rumus hitung says:

      1. Pilih saja kaka yang
      – harga 15.000 sebanayak 4 kotak = 4 x 100 = 400 amplop (uangnya Rp.60.000)
      – harga 10.000 sebanyak 1 kotak = 1 x 50 = 50 amplop (uangnnya 10.000)
      – harga 300 sebanyak 10 biji = 1 x 10 (uangnya 3.000)
      total amplop = 460 buah

      2. = 4 x 4 / 0,1 x 0,1 = 1600 buah ubin..

  134. vilena says:

    selamat malam mas mba…bisa minta tolong dibantu untuk dijawab ya…

    1)PT.Telkom memberikan biaya Rp.480,00 per menit untuk suatu panggilan telepon antara dua kota jika panggilan telepon dilakukan antara pukul 05.00 sampai dengan pukul 21.00 dan Rp.300,00 per menit jika panggilan telepon antara kedua tersebut yang mulai dilakukan antara pukul 21.00 sampai dengan 05.00 jika suatu panggilan telepon antara kedua kota tersebut yang mulai dilakukan pada jam 13.00 adalah sebesar Rp.12.000,-.Berapa biayanya apabila percakapan telepon dalam jangka waktu yang sama mulai dilakukan pada jam 23.00?

    2)Pak ikhsan membeli 30 ekor kerbau senilai Rp.1.000.000 per ekor,dan seminggu kemudian membeli 20 ekor kambing seharga Rp.700.000, jika Pak ikhsan ingin agar harga rata rata untuk kerbaunya senilai Rp.580.000,- per ekor,berapakah harga per ekor sapi yang harus dibayar untuk membeli 25 ekor sapi tambahan?

    makasih mas/mba….mohon dibantu yaa …:)

    • rumus hitung says:

      nomor 1
      lama panggilan tersebut adalah = 12.000/480 = 25 menit
      jika panggilan dilakukan mulai pukul 23.00 pakai dikenai tarif 300 per menitnya
      jadi biaya panggilannya adalah = 300 x 25 = Rp.7500 kakak

      nomor 2
      misal harga sapi adalah s
      harga rata-rata = harga total / jumlah sapi
      580.000 = (30 x 1.000.000) + (20 x 7.00.000) + (25 x s)/ 75
      580.000 x 75 = 30.000.000 + 14.000.000 + 25s
      43.500.000 = 34.000.000 + 25s
      43.500.000 – 34.000.000 = 25s
      9.500.000 = 25s
      s = 9.500.000 / 25 = 380.000

      maaf ya telat… :D

  135. andri says:

    ada pegawai 15 orang guru, dan 15 orng pegawai, misal uangnya 50000000 gmna cara membagi prosentasenya?

  136. naneun lukman says:

    Minta tolong di bantu hitungan sederhana ini ya…

    harga beli buah 2150 harga jual buah 2500, dapat untung berapa persen ya? bagaimana cara hutungnya ? Makasih banyak

    • rumus hitung says:

      hehehe sama kaya di atas kak lukman

      keuntungan = harga jual – harga beli = 2500 – 2150 = 350
      persentase keutungan = keuntungan /harga beli x 100% = 350/2150 x 100% = 35/215 x 100% = 16,28 %

  137. rahmat hidayat says:

    Mas saya mw nanyak…
    Saya membuka usaha dengan teman saya..dan saya menanam modal sbnyak 18jt. Sedang kan teman saya mnnam modal 26jt..dari hasil usaha tersebut kami mendapat keuntungan sebanyak 3,5jt… Pertnyaan nya bagai mana cara membagi keuuntungan berdasar kan modal tersebut…?
    Tolong di jwab ya mas..!

    • rumus hitung says:

      modal total = 18 + 26 = 44 juta
      pembagian keuntungan didasarkan pada porsi modal yang disetor

      Keuntungan pak rahmat = 18/44 x 3.500.000 = 1.431.818
      Keuntungan teman pak rahmat = 26/44 x 3.500.000 = 2.068.182

      semoga bermanfaat pak.. terima kasih kunjungannya ke rumushitung.com

  138. ZANA ALFIAN SARI says:

    33 1/3% samadengan berapa yah minta tolong donx?

  139. sudarma says:

    Perbandingan perempuan : laki laki = 2:3. Berapa persentase perempuan?

  140. candika atmajaya says:

    Tahun banyakx balita
    2007 1500
    2008 1250
    2009 1750
    2010 2500
    2011 2250
    Dr tabel di atas, persentase kenaikan jumlah penduduk tahun 2010-2011 adalah ….
    besar harapannya utk dibalas

    • rumus hitung says:

      2010-2011
      persentase kenaikan = (2250-2500)/2500 x 100% = -250/2500 x 100% = -10% (jadi di tahun 2011 terjadi penurunan jumlah bayi sebesar 10% dibandingkan tahun 2010)

  141. rika says:

    52500
    ______x100%=?

    60000

  142. sabar says:

    mohon bantuan jawabanya
    peserta yang hadir pada rapat kerja selama 32 minggu sebanyak 818 peserta, sedangkan jumlah peserta 56 peserta,
    berapa persen kah rata rata peserta mengikuti rapat kerja
    tersebut ? tks

    • rumus hitung says:

      kak mohon ijin… itu rapat kerjanya dilakukan seminggu sekali atau gimana… masih bingun dengan soalnya… :D

  143. Ismi Tyas says:

    Kak.mau tanya nigh…

    mohon jawabnnya ya…
    aku jumpain soal gini…
    X = 7 pangkat 78 – 7 pangkat 77
    Y = 7 pangkat 77

    Nagh dipilihan jawabannya itu dijawab bahwa :
    X > Y

    Kenapa ya Kak?
    Mohon penjelasannya…

    • rumus hitung says:

      X = 778 – 777
      Y = 777

      X = 778 – 777
      X = 777 (7-1) = 777 x 6 ini kan pasti lebih besar dari 777 jadi x itu 6 kali lebih besar dari y –> x = 6y

      terima kasih atas kunjungannya.. kak

  144. Hiro says:

    kak tolong d bantu
    saya mau menjual benda seharga Rp 1.500.000
    saya mau menaikan harga sebesar 30%
    kl d totalin jd Rp1.950.000
    kl dr 1.950.000 – 30% = Rp 1,365,000 gmn hitungnya kak?
    tolong d bantu

    • Hiro says:

      Rp 1.365.000 kan d bawah modalku kak

    • rumus hitung says:

      kak itu tiga puluh persen bukannya dari harga beli ya… jadi kak hiro ingin untung 30% dari harga beli (modal)

      harga beli : 1.500.000
      untung 30% = 30% x 1.500.000 = 450.000
      harga jual = 1.500.000 + 450.000 = 1.950.000

      diperhitungan kakak itu 30% harusnya bukan dikali 1.950.000 tapi dikali harga beli 1.500.000 nanti pasti hasilnya cocok

      • Hiro says:

        maaf kak mungkin salah penyampaian saya
        saya mau jual barang saya seharga 1.5jt
        tp saya mau buat diskon 30%
        saya mau tanya rumus setelah d kurang 30% itu harganya 1.5jt
        maaf kak merepotkan

        kurang lebih begini

        ? -30%=1.5jt

  145. Duke says:

    Kak,saya mau tanya.Saya pernah bertemu soal ini:
    Jika a/b=35,5%.Maka,berapakah nilai dari 96a/24b dalam bentuk persen?
    Mohon penjelasannya serta jawabannya.
    Terima kasih.

  146. naura says:

    sy mau tanya, apabila ada target minus sedangkan pencapaiannya adalah plus, bagaimana menghitung persentase pencapainya :
    misal target -10 pencapainya 20,
    kalo pake rumus 20/-10*100=-200%
    sedangkan seharusnya pencapainya adalah 300%.
    trimakasih

    • rumus hitung says:

      hmm…. kalau ngga salah begini kak naura
      20-(-10) = 30 .. jadi ada kenaikan 30 dari target..

      jika target awal -10 maka persentase pencapaianya 30/|10| x 100% = 300%

  147. adi says:

    Pak mau tanya klo :

    omset bulan 1 : Rp. 5.000.000
    omset bulan 2 : Rp. 6.500.000

    Kenaikan : Rp. 1.500.000

    Nah klo berbentuk %, bagaimana cara menghitung nya untuk persentase kenaikan..

    Trima kasih

    • rumus hitung says:

      persentase kenaikan = 6.500.000-5.00.000 / 5.000.000 x 100% = 1.500.000 / 5.000.000 x 100% = 15% kak..

  148. penghitung says:

    Min, gimana cara menjawab soal sseperti ini :
    10800 adalah berapa persen dari 4500?

  149. darmawan says:

    salam sukses, saya mau tanya, misalkan saya menjual sebuah produk yang Jika didiskon 30% hasilnya 130.000 jadi berapa harga jualnya? Tks

    • rumus hitung says:

      terima kasih kak doanya… salam sukses juga..
      harga jual = 100%
      harga setelah diskon = 100%-30% = 70 % –> 130.000

      harga jual = 100%/70% x 130.000 = 10/7 x 130.000 = 185.714,3

      • ovan says:

        mas, saya mau nanya tentang perubahan persen ke gram.
        20 % apabila di ubah ke gram berapa ya mas.
        mohon bantuannya. dan cara perhitungannya jg.mksih

  150. dirk says:

    selamat pagi author. bisa bantu saya? bagaimana menghitung peresntase kenaikan nominal misal pendapatan kemarin Rp 1000 dan hari ini naik menjadi Rp 1250.

    Berapa persen kenaikan tersebut? Terimakasih..

  151. Iwan Margiono says:

    Mohon bantuan pecahkan masalah berikut :
    PT. A memiliki 50 org karyawan, dan hari kerja seminggu adalah 6 hr kerja.
    Jika jumlah ketidakhadiran (absen) karyawan adalah :
    Senin = 3 org, selasa = 1 org, rabu = 6 org, kamis = 0, jumat = 10 org, sabtu = 4 org.
    Maka berapakah prosentase kehadiran karyawan selama 1 minggu?
    Terima kasih atas bantuannya.

    • rumus hitung says:

      Total kehadiran yang seharusnya dalam 1 minggu adalah = 50 x 6 = 300
      Absen = 3 + 1 + 6 + 10 + 4 = 24

      Persentase kehadiran = (300-24)/300 x 100% = 92% kak…

  152. Relina says:

    saya mau bertanya PT. bergerak di bid export marmer mempunyai 4 pemegang saham diantaranya si A. sahamnya Rp. 50.000.000, b. sahamnya Rp.35.000.000 c. sahamnya Rp. 20.000.000 d.sahamnya Rp. 15.000.000 berapa presentasi keuntungan yang didapat perbulannya bg ke 4 pemegang saham tersebut? terimakasih

    • rumus hitung says:

      total saham = 50.000.000 + 35.000.000 + 20.000.000 + 15.000.000 = 120.000.000
      persentasi pembagian keuntungan jika didasarkan pada kepemilikan saham
      si A = 50/120 x 100% = 41,67 %
      si B = 35/120 x 100% = 29,17 %
      si C = 20/120 x 100% = 16,66 %
      si D = 15/120 x 100% = 12,5 %

  153. dyah says:

    mas mau nanya kalau ini gmna ya caranya?
    Berikut ini adalah data nilai ujian mata kuliah Bahasa Indonesia di sebuah kelas.
    Nilai Frekuensi
    61 – 65 7
    66 – 70 8
    71 – 75 15
    76 – 80 11
    81 – 85 5
    86 – 90 4
    a. Jika banyak siswa yang lulus hanya 60% maka nilai terendah dari mereka yang lulus adalah …
    b. Jika nilai tertinggi yang tidak lulus adalah 75, maka persentase siswa yang lulus adalah …

  154. […] dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya misalnya sobat membeli topi harga 5.000 jika ingin mengambil persentase untung 5%  berapa topi tersebut harus dijual?  Hehehe dengan mengaplikasikan ilmu matematika pasti bisa […]

  155. doll says:

    kalau misalnya saya menjual tiket online seharga Rp6.431.000, kemudian keuntungan yg sy peroleh Rp133.000. Berapa persen keuntungan sy? bagaimana cara memperolehnya. Thanks

  156. Dio says:

    kak mau tanya nih,
    kalo misalnya datanya dari diagram garis

    bulan januari = 25 komputer terjual
    bulan februari = 31 komputer terjual
    bulan maret = 23 komputer terjual
    bulan april = 35 komputer terjual

    soalnya : persentase kenaikan penjualan dari bulan maret ke bulat april adalah..
    a. 16,5%
    b. 26,5%
    c. 36,5%
    d. 46,5%
    e. 56,5%

    cara nya gimana ya kak? mohon bantuannyaa

  157. kori says:

    selamat siang
    saya mau tanya ,jika sya bunya target jasa selama 1 th [1.200.000.000] dan tenaga kerja 6 orang dengan level yang berbeda 3 level sy kasih target 20% dan yg sisanya 15%
    pertanyaanya :

    berapa target masing2 orang selama 1 bulan?

    mohon jawabanta terimakasih

  158. Fadli says:

    Bagai mana cara menghitung Persen Kenaikan harga BBM Solar 2014

  159. hanif says:

    selamat pagi gan, mau tanya nih, contoh kasus :

    a. 90%
    b. 75%
    c. 50%
    d. 80%
    ————
    jumlah : ……. %

    mohon jawabannya dan terima kasih, gan

    • rumus hitung says:

      mohon maaf mas… a, b, c, dan d, itu persentase dari jumlah/hal/materi/data kuantitatif yang sama atau ngga? jika dari materi/jumlah yang sama tidak mungkin jumlahnya 100% :D

  160. Yussa says:

    Ada soal. Misalnya biaya cetak brosur 1000 lembar
    Per lembar harganya 7.500,00.
    Total Rp. 7.500.000,00.
    Kalau harga per lembar dinaikkan 10% rumusnya gimana?
    Terimakasih..

    • rumus hitung says:

      sama saja kak.. ketika harga perlembar naik 10% maka totalnya bakal naik 10% juga.. :D
      kenaikan = 10% x 7.500.000 = 750.000

  161. Burhani, Adam says:

    Haii..

    Mohon info untuk pemecahan masalah dibawah.

    Dalam suatu kegiatan produksi, bahan baku yang direncanakan untuk membuat Produk X adalah 10 Y (PlannedQty), pada saat produksi ternyata bahan baku yang terpakai adalah 7 Y (QtyUsed).

    Berapa persentase efesiensi pemakaian bahan baku tersebut ?

    Jika anda mereply comment saya ini

  162. YANA says:

    Contoh pertanyaan :

    Diketahui bahwa UMP di suatu kota sebesar 1.800.000, dan tahun berikut ada kenaikan sebesar 1.950.000, nah cara hitung persentasi kenaikan bagaimana yah?mohon dibantu

    • rumus hitung says:

      maaf kak yana… itu UMP menjadi 1.950.000 ya… kalau seperti itu maka persentasi kenaikannya
      = 150.000/1.950.000 = 7,69% kak..

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Cara Menghitung Persentase