Contoh Soal Logaritma Ujian Nasional

Saturday, December 29th 2012. | rumus matematika
advertisement

Contoh Soal Logaritma Ujian Nasional – Sobat hitung berikut ini soal logaritma yang saya ambil dari ujian nasional 3 tahun terakhir jurusan IPA berikut pembahasannya. Pada dasarnya type soal ujian nasional mirip-mirip, hanya diubah angka dan mungkin hanya nomornya saja termasuk contoh soal logritma ujian yang akan kita bahas .

Contoh Soal Logaritma Ujian Nasional berikut Pembahasannya

contoh soal logaritma 1
contoh soal logaritma ujian nasional jurusan IPA

untuk mengingatkan kembali sobat mengenai sifat logaritma, silahkan baca dulu 9 sifat logaritma. Biar mudah mengerjakan soal di atas kita pisahkan dulu soal di atas menjadi bagian-bagian sebagai berikut

  • 27log 9 = 3^3log 32 = 2/3 3log3 = 2/3 (^= baca pangkat) ….. (1)
  • 2log 3 . 3^(1/2)log 4 = 2log 3 . 3^(1/2)log 22
    = 2/(1/2) 2log 3 . 3log 2 = 4 2log 2 (ingat alog b . blog c = alog c)
    = 4 ……. (2)
  • 3log 2 – 3log 18 = 3log (2/18) = 3log 1/9 = 3log 3-2 = -2 . 3log 3 = -2 ……. (3)

Jadi Jawabannya,

jawaban soal logaritmacontoh soal logaritma 2

Jika log 2 = 0,301 dan log 3 = 0,477 maka nilai dari log 225 ?

A.  0,714
B.  0,734
C.  0,756
D.  0,778
E.  0,784

Pembahasan= 1/3 log 225 = 1/3 log  152 = 2/3 log 15 = 2/3 (log 3 + log 5 )
log 3 sudah diketahui, sekarang bagaimanan dengan log 5 ? jangan khawatir.
log 5 bisa didapat dari log 10/2 = log 10 – log 2
= 2/3 (log 3 +  log 10 – log 2)
= 2/3 . (0.477 + 1 – 0,301)
= 2/3 . 1,176
= 0,784 (jawaban E)

contoh soal logaritma 3

Jika  2log 3 = a dan  3log 5 = b, maka  15log 20 =…

Soal tipe ini paling sering keluar dalam ujian, dan kemungkinan keluar di soal ujian nasional 2013sangat besar. Rumus Cepatnya :

  • Cari bilangan pokok logaritma maupun bilangan hasil pangkat yang paling banyak keluar, dalam contoh di atas antara a dan b bilangan yang paling banyak keluar adalah 3
  • Ubahlah soal dalam bentuk seperti ini
15log 20 = 15log 3 .  3log 20 = 3log 20 / 3log 15,
kita pisah jadi 2 untuk memudahkan mengerjakan
–> 3log 20 = 3log 4 + 3log 5 = 2. 3log 2 + 3log 5
–> karena 2log 3 = a maka 3log 2 = 1/a
–> 2/a + b = (2+ab)/a ……. (1)–> 3log 15 = 3log 3 + 3log 5 = 1+b ……. (2)jadi hasilnya = (2+ab)/a : (1+b) = 2a+ab/ a (1+b)

itulah sobat 3 contoh soal logaritma ujian nasional yang menurut pengamatan saya sering sekali keluar dalam ujian nasional. Masih banyak lagi contoh soal logaritma yang lain, tapi baru bisa ngepos 3. -,-. Semoga sedikit contoh soal logaritmanya bisa membantu belajar. :D

Penelusuran terkait
Contoh Soal Logaritma, contoh soal logaritma dan pembahasannya, contoh soal logaritma dan penyelesaiannya, contoh soal logaritma dan cara penyelesaiannya

advertisement

147 Responses to “Contoh Soal Logaritma Ujian Nasional”

  1. tutut says:

    Terimakasih

  2. desi fatmawati says:

    Rumus limit ipa

  3. kiki says:

    klo soal tipe gini gmna jawabnya? 5^log3=x 3^log4=y maka 12^log75?

  4. ricky says:

    Klo soal seperti ini gmana jawabnya?

    Log(x-1)-(3/Log(x-1))-2=0

    akar-akar persamaannya adalah P dan Q.
    Maka P+Q?

    • rumus hitung says:

      misalkan saja log(x-1) = a jadi
      a – 3/a -2 = 0 (masing-masing kita kali a) sehingga
      a2 – 3 – 2a = 0
      (a-3) (a+1) jadi nilai a = 3 atau a = -1 kemudian kita masukkan ke pemisalan yang awal
      :: pertama
      log (x-1) = 3
      log (x-1) = log 1000 (coret log)
      x-1 = 1000
      x = 1001

      :: kedua
      log (x-1) = -1
      log (x-1) = log 0,1 (coret log)
      x-1 = 0,1
      x = 1,1

  5. mauly says:

    Kalau soal yang ini gimana
    (2^log5+3^log50)-(2^log25+2log40)=

    • rumus hitung says:

      link="#0000ee" vlink="#551a8b">

      (2log5+3log50)-(2log25+2log40)
      2log5-2log25+3log50+2log40
      2log1/5 +3log50+2log40

  6. fina says:

    3^(1/2) log 4 >> 1/2 ni dapet drmna???

    • rumus hitung says:

      itu dari sifat logaritma ingat alog b . blog c = alog c, coba dilihat belakangnya mb fina… 2log 3 . 3^(1/2)log 22

  7. ambarPristya says:

    kalo soalnya [(log36)kuadrat - (log4)kuadrat] dibagi log akar12

    • rumus hitung says:



      http-equiv="content-type"/>



      (log 36)2 – (log 4)2/
      log √12

      pakai aturan (a-b)2 = (a + b) (a – b)

      (log 36 + log 4) (log 36 -log 4)/ 0,5 log 12

      log 144. log 9/ 0,5 log 12

      2 log12 . 2 log 3/0,5 log 12 (coret log 12)
      2. 2 log 3 = 4 log3

  8. Cilwy xlluctya says:

    Numpang nanya, soalnya susah banget
    Log7 + log 2 + log 1/10 + log 1/7
    disederhanakan.

  9. nadhian says:

    Diketahui log 2 = 0,3010, log 3 = 0,4771 dan log 7 = 0,8451
    Tentukan:
    A. Log 18
    B. Log 21
    C. Log 10,5
    D. Log 1\7

    • rumus hitung says:

      link="#0000ee" vlink="#551a8b">

      A. 
      log 18 = log 2 + log 9 = log 2  + log 32
      = log 2 + 2log 3 = 0,3010 + 2 (0,4771) = 1,2552
      B.  log 21 = log 3 + log 7 = 0,4771 + 0,8451 = 1,3222
      C. log 10,5 = log (21/2) = log 21 – log 2 = 1,3222 – 0,3010 = 1,0212
      D. log 1/7 = log 1 – log 7 = 0 – 0,8451 = -0,8451

      • lintang says:

        ada yang bisa jawab soal ini gak :
        2Log 60 dalam A dan B = 3Log 2=A 3Log 5=B

        • rumus hitung says:


          2Log 60 dalam A dan B = 3Log
          2=A 3Log 5 =B
          2Log 60 = 2Log 6
          2Log 10 = 2Log
          2 + 2Log 3 + 2Log
          2 + 2Log 5
          = 1 + 2Log 3 + 1 + 2Log
          5
          = 2 + 2Log 3 + 2Log
          5
          2Log 3 kebalikan dari 3Log
          2 jadi 2Log 3 = 1/A dan 2Log
          5 = 2Log 3 . 3Log
          5  = 1/A . B = B/A
          = 2 + 1/A + B/A (samakan ke penyebut A)
          = [2A + B + 1]/A

  10. Dian Indriyani says:

    Kalo soalnya begini gimana?
    Log 2 pangkat 5 – log 32?
    Jawabannya seperti ini bener ngga?
    => log 2 pangkat 5 – log 2 pangkat 5 = 5/5 = 1.
    Mohon bantuannya..

    • rumus hitung says:

      yup kurang tepat dik dian, hasilnya 0, caranya…log2^5 – log 32 = log 32 – log 32 = log 32/32 = log 1 = 0

      simpelnya log 32 – log 32 kaya a-a = 0 :D semoga bermanfaat

  11. Arnes mega says:

    Kalo soal-y 2log3 * 3log4=….

    7log8 * 8log9 * 9log49=….

    mhon bantuan-y y k..

  12. shinta says:

    mau tanya nilai x dari logx= 2loga +7logb-0,5logC

    • rumus hitung says:



      http-equiv="content-type"/>



      log x = 2 loga + 7logb – 0,5log C
      log x = log a2 + log b7
      log √c
      log x = log a2b7√c
      x = a2b7√c

      mohon maaf balesnya lama

  13. shinta says:

    akar 3 – akar 5
    —————-= a+b akar 15
    akar 3 + akar 5

    a dan b bilangan bulat, maka a+b adalah

  14. Azka says:

    Kalau soalnya gini bagaimana
    nilai dari 2log8-1/2log0,25+3log1/27+2log1=…

  15. IKE says:

    nmpng nnya,, klo soal sprti nhy gmna cra nha
    2log9.3log125.25log16

    mhon bntuan nha ya,,,?

    • rumus hitung says:

      2log9.3log125.25log16 = 2log32.3log53.5^2log24
      = 2. 2log3. 3. 3log5. 4/2. 5log2
       = 2.3.4/2. 2log3. 3log5. 5log2 (sifa logaritma alog
      b.blog c =alog c)
       = 12

      • Eka says:

        Kayaknya ada yang salah deh….bukannya 5^2log 24 = 4/2 5log 2 ??
        Jadi jawabannya :
        2log9.3log125.25log16 = 2log32.3log53.5^2log24
        = 2. 2log3. 3. 3log5. 4/2. 5log2
        = 2.3.2. 2log3. 3log5. 5log2 (sifat logaritma alogb.blog c =alog c)
        = 12 x 2log2 = 12 x 1 = 12

        • rumus hitung says:

          iya kak eka… harusnya seperti itu ada kesalahan harusnya 4/2 5log 2 bukan 4/2 2log 3.. hehehe terima kasih buat koreksinya…

          sudah saya betulkan.. :D terima kasih…

  16. putri says:

    7log2=m dan 2log3=n maka 24log196 adalah

    • rumus hitung says:


      7log2= m dan 2log3= n maka 24log196
      adalah
      Cara mudahnya
      dari 7log2= m dan 2log3 angka yang sering
      muncul 2 kita jadikan
      24log196 = 2log 196 / 2log 24
      :: 
      2log 196 = 2log 142 = 2 2log
      14 = 2. (2log 2+2log 7) = 2. (1+1/m) = 2 + 2/m
      kita samakan penebutnya menjadi m
      (2m+2)/m
      …. (1)

      :: 2log 24 = 2log 8 + 2log 3 = 3 + n …. (2)
      kita bagikanhasil (1) dengan (2)
      (2m+2)/m : 3+n
      =
      (2m+2)/
      3m+mn

      semoga bermanfaat. :D

  17. Rijal says:

    Maaf mau tanya nich nilai dari
    2log8-1/2log0,25+3log1/27+2log1=

    mohon bntuanny..!!

    • rumus hitung says:

      2log8-1/2log0,25+3log1/27+2log1= 3 – 2
      -3 + 0 = -2

      • Rijal says:

        Tolong jelasin dongk,, gk ngerti,,

        • Yosua Adi S says:

          nih jadi 2log8 kalo kita jadiin bentuk pangkat kaya gini :
          2log8 : 3 (ingat sifat logaritma alogb = c, b = a^c) *tanda ^ berarti pangkat* jadi sama aja, disini a = 2, b = 8, c = 3

          terus buat 2log0,25, berarti 2^(-2) kan sama dengan 1/4 atau 0,25.

          buat 3log1/27, udah ngerti lah ya, hasilnya -3, 1/27 = 3^(-3)

          terakhir 2log1 = 0, 2^0 = 1

          tinggal jumlahin hasil lognya, ngerti kan?

          • rumus hitung says:

            terima kasih kak josua buat penjelasannya… semoga bisa membantu menjawab pertanyaan kak andy

  18. Radit says:

    Maaf saya mw brtnya klau hasil dri
    2log48+5log50-2log3-5log2=…

    Mohon bntuanny ka,, dn tolonq jelaskan..!!

    • rumus hitung says:


      2log 48+5log 50-2log
      3-5log 2 = …. kita kumpulkan bilangan yang
      basisnya sama
       = 2log 48-2log
      3+5log 50-5log 2
       (ingat sifat logaritma)
      =  2log (48/3) + 5log
      (50/2)
      = 2log 16 + 5log
      25 = 4 + 2 = 6

      • Radit says:

        Maf mw tnya laqii
        2log16+5log25=4+2=6

        yg jadi pertanyaannya 4+2 itu dri mna ka…pngen bisa :)

        • rumus hitung says:

          2log 16 itu sama kaya sobat ditanya dipangkatkan
          berapa agar 2 bisa menghasilkan 16? jawabannya 4, 24
          = 16. demikian juga dengan 5log 25 jawabannya 2

  19. desi says:

    Maaf mau nanya gimana cara sederhanakan
    a. 2/3 x 2 log 64 – 1/2 x 2 log 16
    a log 2x+3 (a log x – a log y)

  20. evi says:

    kalau menyederhanakan logaritma ini gmna?
    a)2/3 * 2log64 – 1/2 * 2log16
    b)alog2x + 3(alog x – alog y)
    c)alog a/akar x – alog akar ax
    d)log akar a + log akar b – 1/2 log ab
    tolong bantuin dong,please masalahnya harus selesai skarang

  21. Icha says:

    Mau tanya yaa..
    kalo soal ny gni gymn (?)
    2 ³log ¹/9 + ⁴log 2
    ——————————— =
    9(pngkat) log 2 . ²log 3

    gymna cara menyederhanakan ny ?

    • rumus hitung says:


      2 ³log ¹/9 + ⁴log 2
      ——————————— =  itu ya mb maksud soalnya, kalau gitu jawabannya
      9log 2 . ²log 3

      2 ³log 3-2 + 1/2
      ———————— 
      9log 3

      2 (-2) + 0,5
      —————-
      0,5
      -3,5
      ——–
      0,5

      = -7

  22. Isra says:

    2Log3=a
    3Log5=b
    jadi kalo 6Log15 gimanaa ????

    • rumus hitung says:

      6Log15 = 6log 3 x 3log
      15 = 3log 15/ 3log 6 = 3log
      3 + 3log 5 / 3log 3 +
      3
      log 2 = (1+b) / (1 + 1/a) = (1+b)/ [(a+1)/a]  =
      a+ab/a+1

  23. ayu yulan sari says:

    Maaf mau nanya
    Jika 2log 3 = a dan. 3log 5 =b nyatakan bentuk berikut dalam a dan b
    A) 2log 15
    B) 4log 75
    C) 25log 36
    D) 2log 5
    E) 30log 150
    F) 100log 50

    • rumus hitung says:

      hehe banyak bange mb.. pada prinsipnya bisa dikerjakan sebagaimana contoh pada artikel di atas .. selamat mencoba

  24. aupa says:

    3Log 2 . 2log 3 – 2log 1/16 gimana yah caranya?

    • rumus hitung says:

      3Log 2 . 2log 3 – 2log
      1/16  (ingt sifat logaritma alog b . blog
      c = alog c
      jadi hasilnya 3log 3 – 2log
      16-1 = 1 – 2log 2-4
      = 1 – (-4) = 1+ 4 = 5

  25. syifa says:

    jika 3log 5 = p dan5log 7 = q, maka 5log 63 =…
    itu gimana caranya yah min

    • rumus hitung says:

      caranya sama kaya di atas, 3log 5 = p
      dan 5log 7 = q, maka 5log
      63 = 5log  9 + 5log
      7 = 5log 32
      5log 7 = 2 5log
      3 + 5log 7
      sobat,
      jika 3log 5 = p maka 5log
      3 = 1/p

      = 2 5log 3 + 5log 7
      = 2. 1/p + q = 2/p +q kalau disamakan penyebutnya (2+pq)/p

  26. haidar says:

    Jika x=2³ maka 3 = ²log x dan jika x = 2³maka 2²log x =……
    tolong dong jawabannya apa

  27. lintang says:

    ada yang bisa jawab soal ini gak :
    2Log 60 dalam A dan B = 3Log 2=A 3Log 5=B

    • rumus hitung says:


      2Log 60 dalam A dan B = 3Log
      2=A 3Log 5 =B
      2Log 60 = 2Log 6
      2Log 10 = 2Log
      2 + 2Log 3 + 2Log
      2 + 2Log 5
      = 1 + 2Log 3 + 1 + 2Log
      5
      = 2 + 2Log 3 + 2Log
      5
      2Log 3 kebalikan dari 3Log
      2 jadi 2Log 3 = 1/A dan 2Log
      5 = 2Log 3 . 3Log
      5  = 1/A . B = B/A
      = 2 + 1/A + B/A (samakan ke penyebut A)
      = [2A + B + 1]/A

  28. Monica says:

    Maaf mau nanya.Tolong dibantu
    B=a^4,a dan b bilangan real positif,tentukan nilai a^log b-b^log a

    • rumus hitung says:


      b = a4,a dan b bilangan real positif,tentukan
      nilai alog b – blog a =
       alog a4
      – a^4log a = 4-1/4 = 3 3/4 = 3,75

  29. diki says:

    min mau tanya ni jika alog3=blog27 , maka alogb?
    sama 5logakar27.9log125+16log32? tlong di bless min mohon bantuannya….

    • rumus hitung says:

      alog 3 = blog 27
      alog 3 = blog 33
      alog 3 = 3 blog 3
      alog 3/ blog 3 = 3
      alog 3 3log b = 3 (sifat
      logaritman alog b blog
      c = alog c)
      alog b = 3

      5log √27.9log 125 + 16log
      32 = 5log 270,5 . 3^2log
      53 + 2^4 log 25

      5log √33.3^2log
      53 + 2^4 log 25
      (pangkat kita turunkan)
      3/2. 3/2. 5log 3 3log 5
      + 5/4 = 9/4 + 5/4 = 13/4

  30. sylvi says:

    saya mau tanya
    a log 32=-5/7
    jawabannya dan caranya bagaimana?

    • rumus hitung says:

      alog 32 = -5/7 sama seperti
      a-5/7 = 32
      a-5/7 = 25 
      (a-5/7)7 = (25)7
      (masing-masing ruas dipangkatkan 7)
      a-5 = 235 (masing-masing
      ruas kita pangkatkan 1/5)
      (a-5)1/5 = (235)1/5
      a-1 = 27
      a = 1/27
      a = 1/128

  31. Tasya says:

    Mohon bantu aku jawab soal ini
    Log 2 + Log 18 – Log 6 + Log 5 – Log 3
    Makasih …

  32. Fajar says:

    Saya mau tnya nih kalo 2 log 3 =m dan 3 log 5 =n berapa hasil dari 8 log 18 dalam bentuk m dan n

  33. Fajar utama says:

    Mohon bantu aku menjawab
    diketahui 2 log 3 =m dan 3 log 5 =n nyatakan logaritma 8 log 18 dalam m dan n

    • rumus hitung says:

      2log 3 = m dan 3log 5 =
      n nyatakan logaritma 8log 18
      cara paling mudah, dari 2log 3 = m dan 3log
      5 = n kelihatan yang paling banyak muncul angka 3, terus kita
      bikin 8log 18 menjadi
      8log 18 = 3log 18 / 3log
      8
      satu-satu kita uraikan
      3log 18 = 3log 9 + 3log
      2 = 2 + 1/m
      3log 8 = 3log 23
      = 3 3log 2 = 3/m
      8log 18 = (2+1/m) : (3/m) = 2+1/m x m/3 = 2/3 m
      + 1/3
      ada juga cara yang lebih cepat
      8log 18 = 2^3log 18 =
      1/3 2log 18 = 1/3 (22log3
      + 1) = 2/3 m + 1/3

  34. sandy says:

    Tolong di jawab . Jika x = 9log10 maka nilai dari y=9pangkat x ? Dan hitung. Lah. Nilai dr y. Soal. log akar y=1/2x ? Makasih tolong di email juga yah

    • rumus hitung says:

      x = 9log10  ditanya y = 9x

      bisa langsung menggunakan sifat logaritma a^alog
      b = b jadi hasilnya y = 10

      Log √y = 1/2 x
      2 Log √y = x
      Log (√y)2 = x
      Log y = x
      y = 10x

  35. […] dengan bentuk soal yang kelihatannya “sangar”. Misalnya soal yang ada akar, pangkat, logaritma, atau trigonometri yang bertumpuk-tumpuk. Cobalah lihat yang sederhana yang bisa mulai […]

  36. Rosita says:

    numpang nanya, kalau soal yang ini bagaimana?
    5.5 = 6.86 – log x/(100-x), berapakah nilai x?

  37. michiko inas says:

    Kalo pertanyaannya kayak gini gimana ya?
    4log6=m+1 , maka 9log8 adalah….

    • rumus hitung says:

      4log 6 = m+1 , maka 9log
      8
      4log 6 = m+1
      2^2log 6 = m + 1
      ½ 2 log 6 = m + 1
      2log 6 = 2m + 2
      2log 2 + 2log 3 = 2m + 2
      1 + 2log 3 = 2m + 2
      2log 3 = 2m + 1

      9log 8 = 3^2log 23
      = 3/2 (3log 2)
      = 3/2 (1/2log 3)
      = 3/2 (1/2m + 1)
      = = 3/(4m + 2)

      mohon koreksinya jika masih belum tepat..

  38. Sharrie HoLy PriNce's says:

    mintak bantuannya donk untuk soal ini ,,
    bentuk sederhana dari log 2+ log18 – log6 + log5 – log 3

  39. rahmatul husna says:

    Kalau soalnya kayak gini gimana?
    2log(pangkat 2)6 + 2log(pangkat 2)3 / 2log18

  40. Ika says:

    mau nanya dong nilai dari 1/3 log 125 – 2 log 4 + log 32 adalah? mohon bantuannya ya, terimakasih :)

    • rumus hitung says:

      begini ya kak soalnya 1/3 log 125 – 2 log 4 + log 32

      1/3 log 53 – 2 log 22 + log 25 = 3(1/3) log 5 – 4 log 2 + 5 log 2 = log 5 + log 2 = log (5×2) = log 10 = 1

      silahkan dicek ulang yaaa

  41. joe says:

    mau nanya donk.. jika 2^log x + 4^log akar y = 4^logz^2. berapa nilai z^2?

    jika p dan q memenuhi 4^p = 2^q+7 dan log( 8p+5q) = 1. berapa kah p – q ?

    makasih banyak ;-)

    • rumus hitung says:

      soal 1

      2log x + 4log √y = 4log z2. berapa nilai z2?

      2log x + 4log √y = 4log z2
      2log x + 2^2log √y = 2^2log z2
      2log x +1/2 2log √y = 1/22log z2
      2log x + 2log (√y)1/2 = 1/22log z2
      2log x.y1/4 = 1/22log z2
      2 2log x.y1/4 = 2log z2
      2log x2.y1/2 = 2log z2
      z2 = x2.y1/2 = x2 √y  

      untuk yang soal nomor 2 +7 nya itu ikut pangkat atau tidak ya kaka?

  42. jesinta says:

    jika 2log3 =a dan 3Log5=b nyatakan 4log75 berikut ke dalam bentuk akar

    • rumus hitung says:

      2log3 = a dan 3Log5= b  nyatakan 4log75
      4log75 = 2^2 log 53
      = 3/2 2log 5 = 2/3 2log 3.3log 5 = 2ab/3
      maaf kak jesinta aga lama bales komennya

  43. jesinta says:

    tolong dijawab ya mbak kalau boleh decepatnya plis trimakisih tuhan memberkati

  44. denada grehas says:

    jika 5 log 3 =a dan 2log 5 = b. Maka tentukan nilai dari 15 log 40

    • rumus hitung says:

      jika 5log 3 = a dan 2log
      5 = b. Maka tentukan nilai dari 15log 40

      15log 40 = 15log 5
      5log 40 =  5log
      40 /5log 15

      kita kerjakan satu2 atas dulu baru bawah
      atas –> 5log 40 =  5log
      8 +  5log 5 = 3 5log
      2 + 1 = (3/b) + 1
      bawah –> 5log 15
      =  5log 5
      +  5log 3 = 1 + a

      jadi 15log 40 =  5log
      40 /5log 15 = [(3/b) + 1] dibagi (1+a) = 3b + 1 / b (1+a)

      • Aji Purnomo says:

        Jika 5log 3 = a dan 2log 5 = b

        maka 15log 40 = …

        JAWABAN nya yang mana ??? JAwab dong ;)
        a. b+3 / b(a+1)
        b. b(a+1) / b+3
        c. a+1 / b+3
        d. b+3 / a+1
        e. 3ab

        • rumus hitung says:

          jawaban a kak aji

          Jika 5log 3 = a dan 2log 5 = b –> angka yang paling banyak muncul 5
          15log 40 kita buat jadi 5log 40/ 5log 15

          5log 40 = 5log 5 + 5log 8
          5log 40 = 1 + 5log 23
          5log 40 = 1  + 3 5log 2 = 1 + 3/b = (b+3)/b

          5log 15 = 5log 5 + 5log 3 = 1 + a

          5log 40/ 5log 15 = (b+3)/b : (1+a) = (b+3)/ b (1+a)

  45. michael bagus a says:

    klok diket log 2=0,3010 log 3= 0,4771 dan log 7 =8451 tentukan
    a.log 18 c.log 10,5
    b.log 21 d.log 1/7

    • rumus hitung says:

      saya kasih contoh 1 ya.. ntr kak dicoba sendiri sisanya
      log 18 =  log 2 + log32 = log 2 + 2 log 3 = 0,3010 + 2(0,4771) = 0,3010 + 0,9542 = 1,2552

  46. tia says:

    Minta bantuannya
    hitung: (log2)^3 + (log 5)^2 + log 2.log 125

  47. regitha says:

    Mau nanya kalau 100^log50 disederhanakn jadi seperti apa?

  48. irsa says:

    contoh
    soalnya klu yg lebih ribet ada gk

  49. regitha says:

    minta tolong bantuannya lagi. 49^log16 = p. Yang ditanyakan 343^log32

  50. regitha says:

    Mau Tanya apa pesederhanaan Dari 5^log75

  51. Yurike says:

    kak tolong bantu cari cara dan jawaban ini dunk kak
    jika b = a^4, a dan b bilangan real positif, a tidak sama dengan 1, b tidak sama dengan 1 . tentukan nilai ^a log b – ^b log a? plllllllliiiiiiiiiiizzzzzzzzzzz yyyy :)

  52. ishmah says:

    Kak mau nanya kalau pangkat 3 log 7 =a pangkat 2 log 3 = b tentukan nilai dari log pangkat 18 log 42 gimana? Mksh

    • rumus hitung says:

      3log 7 = a 2log 3 = b tentukan nilai dari log pangkat 18log 42 gimana..
      cara cepatnya ,, karena dari 3log 7 = a 2log 3 = b paling banyak muncul angka tiga kita buat
      18log 42 = 3log 42/ 3log 18

      atas
      3log 42 = 3log 2 + 3log 3 + 3log 7 = 1/b + 1 + a

      bawah
      3log 18 = 3log 2 + 3log 9 = 1/b + 2

      jadi
      18log 42 = 3log 42/ 3log 18 = (1/b + 1 + a)/ (1/b + 2) = ([1+b+ab]/b)/ ([1 + 2b]/b) = ([1+b+ab]/b) x (b/[1 + 2b])
      = 1+b+ab / 1 + 2b

  53. korinta says:

    Kak saya ingin bertanya 2log3^4 . 5log4^2 . 3log5^3 mungkin ini mudah tp saya rada bingung mohon bantuannya:)

    • rumus hitung says:

      2log34 . 5log42 . 3log53
      ada sifat logaritma alog b . blog c = alog c
      2log34 . 5log42 . 3log53
      = 4. 2log 3. 4. 5log 2. 3 3log 5 
      = 4. 4 . 3 . 2log 3 . 3log 5 . 5log 2
      = 48. 2log 2 = 48
      mohon maaf telat balasnya..

  54. ranti says:

    mau nanya penyelesaian dari log√(90-√(90-√(90-…)) ) berapa ya?

    • rumus hitung says:

      kaka ranti kita belum nemu juga nih.. dulu waktu olimpiade sma kayaknya pernah nemu soal kayak ginian.. (^^)? musobat hitung yang lain ada yang tahu

  55. sumiati says:

    Hitunglah nilai setiap bentuk:
    a. Log 10 4 =
    b. 5 log 125
    c. 3 log 1/27
    d. 2 log 0,25
    e. 4 log 4 10
    f. 5 log 1

  56. sumiati says:

    Tuliskan dalam bentuk pangkat :
    a. Log 0,01 = -2
    b. 0,5 log 0,0625=4
    c. 3 log 1/9=-2

    • rumus hitung says:

      Caranya mudah kak sumi..

      misal alog b = c maka kalau diubah ke bentuk pangkat menjadi ac = b
      nomor 1
      Log 0,01 = -2 maka menjadi 10-2 = 0,01

      nomor 2
      0,5log 0,0625 = 4 maka menjadi 0,54= 0,0625

      nomor 3
      silahkan dicoba sendiri ya…

  57. Any Alana says:

    kak mau nanya
    Jika ⁴log3= x, ⁴log5=y, ⁴log8=z
    hitunglah
    ⁴log15+⁴log8=

    ⁴log20-⁴log15=

    • rumus hitung says:

      ⁴log15+⁴log8= 4log3 + 4log 5 + 4log 8 = x + y + z
      ⁴log20-⁴log15= 4log 20/15 = 4log 4/3 = 4log4 – 4log 3 = 1 – x

      maaf ye telat balesnya…

  58. irma says:

    tolong jawab secepatnya ya log √2 + log 4 √32 + log 4 nah abis itu garis bawah(per) log 8 = berap yaa ?

    • rumus hitung says:

      = (log √2 + log 4 √32 + log 4) / log 8
      = log (√2 . 4 √32 . 4) / log 8
      = log √64 . 16 / log 8
      = log 8.16 / log 8
      = log 128 / log 8
      = log (128=8)
      = log 120 = log 10 + log 12 = 1 + log 12

  59. aida says:

    Maaf mau nanya, pleaseeeee dijwab yaa
    Jika 2log 3 = a dan. 3log 5 =b nyatakan bentuk berikut dalam a dan b
    A) 2log 15
    B) 4log 75
    C) 25log 36
    D) 2log 5
    E) 30log 150
    F) 100log 50

    • rumus hitung says:

      kak aida.. saya kasih contoh yang huruf A dan F ya…

      2log 3 = a dan. 3log 5 =b
      a) 2log 15
      f) 100log 50
      jawaban
      a. 2log 15 = 2log 3 + 2log 5
      = 2log 3 + (2log 3 x 3log 5)
      = a + ab = a (1+b)

      f. 100log 50 = 3log 50 / 3log 100 biar mudah kita pecah aja ya kak atas dan bawah

      atas
      3log 50 = 3log 52 + 3log 2 = 2 3log 5 + 3log 2 = 2b + 1/a = (2ab + 1)/a

      bawah
      3log 100 = 2 (3log 10) = 2 (3log 2 + 3log 5) = 2 ( 1/a + b) = 2/a + b = (2 + ab)/a

      jadi
      100log 50 = 3log 50 / 3log 100 = (2ab + 1)/(2 + ab)

       

       

       

       

       

      yang lain dicoba sendiri ya kak…

  60. aida says:

    cepeet dijawab yaaa

  61. Putri Pratiwi says:

    Saya mau bertanya

    1. Jika 2log a^-1=3/2 dan 2log b1/4=5 maka alog b^-3=
    2. Jika 4log 3=3m, maka 9log 8 adalah
    3. Jika 5log 3=p dan 3log 4=q, maka 12log 75 adalah

  62. cynthia says:

    kalau soal logaritmanya kaya gini, pennyelesaiannya gmna ya?

    A = n + log (log x)
    —————-—————-—————-
    n . log (log x^y)
    jika n = 2
    y = 100
    maka A= ?

    Mohon bantuannya :)

    • rumus hitung says:

      mohon diperjelas kak soalnya .. maksud dari n . log (log x^y) apa ya.. terus garis mendatar itu apa maksudnya…

  63. mikael says:

    kalo 3log 4 = a , 4log 5 = b
    berapa 15log 40 ?

    • rumus hitung says:

      kalo 3log 4 = a , 4log 5 = b –> angka yang paling banyak muncul 4
      berapa 15log 40 ?
      cara mudahnya dibikin begini kakak
      15log 40 = 15log 4 . 4log 40
      = 4log 40/ 4log 15

      4log 40 = 4log 4 + 4log 2 + 4log 5 = 1 + 1/2 + b = 3/2 + b = (3 + 2b)/2
      4log 15 = 4log 5 + 4log 3 = b + 1/a = (ab +1)/a

      jadi 15log 40 = 4log 40/ 4log 15 = (3 + 2b)/2 : (ab +1)/a = (3 + 2b)/2 x a/(ab +1) = a(3+2b) / 2(ab+1)

  64. ria says:

    smoga ilmunya bermanfaat

  65. Aji Purnomo says:

    Log 6/100 + log 36/100 – log 4 + 5 – log 54 = … ?
    tolong jawab

    • rumus hitung says:

      Log 6/100 + log 36/100 – log 4 + 5 – log 54 = … ?
      carnya kak langsung digabung semua aja

      = Log 6/100 + log 36/100 – log 4 + 5 – log 54
      = log (6/100 x 36/100 x 1/4 x 1/54) + 5
      = log 216/ 2.160.000 + 5
      = log 1/10.000 + 5
      = -4 + 5 = 1

  66. mitha says:

    kalau soal yang seperti ini bagaiman cara mencarinya ?
    Cara menyelesaikan soal x = 2log 3 dan y = 2log 5, maka 2log (9√5) =…

    • rumus hitung says:

      x = 2log 3 dan y = 2log 5, maka 2log (9√5) =…
      2log (9√5) = 2log 9 + 2log √5 = 2log 32 + 2log 50,5
      = 2. 2log 3 + 0,5 . 2log 5 = 2x + 0,5y

      hehehe

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Contoh Soal Logaritma Ujian Nasional